Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2017

Berapa kebutuhan minum mu ?

Gambar
Minumlah sesuai kebutuhan 

Dr. Lie Augustinis Dharmawan, Ph.D, Sp.B, Sp.BTKV

Gambar
Dr. Lie Dharmawan ini terlahir dalam keluarga yang amat miskin dan serba kekurangan. Sebab lain mengapa Lie Dharmawan ingin menjadi dokter karena ia melihat sendiri adiknya meninggal karena penyakit diare akut dan terlambat ditangani oleh dokter. Namun kelak, ia benar benar membuktikan cita citanya itu.
"Tuhan, aku mau jadi dokter yang kuliah di Jerman"Di tahun 1965, Lie Dharmawan kemudian lulus SMA dengan prestasi yang cemerlang, berkali-kali ia mendaftar di fakultas kedokteran yang ada dipulau Jawa namun ia tidak pernah diterima. Kesempatan kuliah akhirnya ada ketika ia diterima masuk di fakultas Kodekteran di Universitas Res Publica (URECA) dimana universitas ini didirikan oleh para petinggi organisasi Badan Permusjawaratan Kewarganegaraan Indonesia tahun 1958 namun baru beberapa hari kuliah, kampusnya dibakar oleh massa. Akhirnya ia tidak dapat melanjutkan kuliahnya, dan Lie Dharmawan kemudian memutuskan untuk menjadi pekerja serabutan untuk mengumpulkan uangnya membeli t…

Makan Sayap dan Ceker Ayam Bisa Picu Kanker? Ini Kata Dokter Kandungan

Gambar
"SAYAP & CEKER AYAM ? "Entah Anda sudah menikah atau belummenikah, maka perempuan harus berhati².Baru² ini artis Tionghoa Xia Yi divonistumbuh LISTS dalam rahim (kista coklat)dan Hu Qing Wen melakukan operasitumor yg penuh dengan darah, dandarahnya berwarna hitam gelap. Merekaberpikir bahwa setelah operasi akansembuh, tetapi hanya beberapa bulankambuh lagi, sehingga akhirnya merekamelakukan konsultasi ke ginekolog.
Dokter Ginekolog tsb kemudian bertanya :"Apakah Anda suka makan sayap ayam,dia sangat terkejut ?"Loh, koq dokter bisa tahu kesukaanku ?"Hormon pertumbuhan (growth-hormone)ayam ataupun antibiotiknya, selaludiinjeksi di bagian sayap, atau leherayam. Sementara kaki Ayam tempatmenimbun "end product" antibiotik danturunan "second hormonal" Dokter tsbmeneruskan : Karena itu kegemaranmakan sayap ayam atau kaki, akan sertamerta menambah sekresi hormon bagiwanita. Akibatnya "second hormonal" tsbakan terakumulasi menjadi TOXIN…

Gastrointestinal system

Gambar
Gastrointestinal system 
By Awkwardyeti

Mengapa dokter harus terus belajar?

Gambar
Mengapa dokter harus terus belajar?
Gelar "dr." di depan nama merupakan momen yang sangat menarik dan berwibawa. Namun, perjalanan mencapai momen tersebut sangat panjang dan melelahkan. Sebagai seorang dokter, Anda perlu belajar setidaknya 6 tahun atau bahkan lebih di beberapa negara tertentu. Setelah Anda lulus dari sekolah medis dan menjadi dokter koasistensi (koas), yang tidak mudah dilakukan.
Menjadi dokter dalam strata terendah, Anda jarang diberikan pekerjaan, mendapat penurunan kelas, dimarahi dan habislah energi Anda. Akhirnya, Anda lulus dan menjadi tenaga medis yang sebenarnya. Kemudian, Anda bisa masuk ke zona aman. Prosedur harian, yang pada mulanya sangat sulit dilakukan, akan menjadi 'refleks' bagi Anda. Protokol dan panduan sudah ada dalam otak Anda.
Jadi mengapa Anda perlu meninggalkan zona aman dan terus belajar?
Berikut beberapa alasannya;
1. Meningkatkan pengetahuan
Dunia medis merupakan dunia yang selalu berkembang. Setiap hari, ada sejumlah besar penel…

Macam-macam juling (strabismus)

Gambar

Atrial Fibrillasi & Gagal Jantung

Gambar
Selamat Malam SS!! Mimin malam ini kembali share article ke kalian mengenai kardiologi alias jantung.
Jadi sebelum kalian tidur, mimin mau dongengin nih ke kalian ttg Atrial Fibrillasi & Gagal Jantung
pada suatu masa di tahun 2008, Roy D, Talajic M, Nattel S, Wyse G, et al melakukan percobaan randomised trial multicentre  pada 1376 pasien dengan fraksi ejeksi ≤ 35 %, gejala Congestive Heart Failure (CHF), dgn riwayat Atrial Fibrillasi (AF). Pasien2 tersebut menjalani terapi kontrol ritme (682) & laju ventrikel (694). Outcome primernya berupa kejadian kardiovaskular & kematian.
Dari penelitian tersebut geng, terapi kontrol ritme nunjukin, dia gk lebih superior daripada kontrol laju dlm menurunkan tingkat kematian karena kejadian kardiovaskular (AF). Mengapa? agaknya kan hal tsb terjadi karena ada faktor2/kondisi lain yang menyertai pada pasien AF itu sendiri (mis. fungsi ventrikel memburuk, peningkatan aktivitas neurohormonal, inflamasi).Tp kalau si AF berdiri sendiri nih, tan…

Penggunaan Obat Saat Puasa

Gambar

PUASA ITU SEHAT oleh dr. Gamal Albinsaid

Gambar
1. Karena ada sedikit waktu luang sebelum beraktivitas, pagi ini saya akan sedikit share terkait #PuasaSehat dengan scientific approach,
2. Semoga sedikit sharingini bisa menunjukkan betapa puasa itu menyehatkan dan meningkatkan optimisme dan kesungguhan selama berpuasa,  #PuasaSehat,
3. Puasa Ramadhan itu bulan suci umat Muslim, muslim sehat dewasa diminta tak makan-minum diantara matahari terbit dan tenggelam. #PuasaSehat
4. Makan dan minum menjadi sangat ekslusif pada malam hari. #PuasaSehat
5. Sistem imun seharusnya terpengaruh oleh satu bulan pembatasan energi ( Meckel et al, 2008 ). #PuasaSehat
6. Dikarenakan perubahan status hidrasi, status hormonal, dan iron serum ( Meckel et al, 2008 ). Namun, terbukti sebaliknya, #PuasaSehat
7. Disebut acute energy restriction, meningkatkan kapasitas antioksidan hingga meningkatkan sistem imun ( Rankin et al, 2006 ). #PuasaSehat
8. Penelitian pada di Atlet Yudo, Immunoglobulin A dan Immunoglobulin G meningkat selama Puasa Ramadhan ( Chaoucahi et al…

Panduan Praktis Terapi Diabetes Selama Berpuasa Ramadhan

Gambar
Sebentar lagi umat muslim di dunia dan di Indonesia secara khususnya akan menjalanni bulan suci Ramadhan. Bulan penuh berkah yang dating hanya satu kali dalam setahun ini tentunya tidak akan disia-siakan oleh masyarakat muslim untuk mendulang pahala dan keberkahan, tidak terkecuali penderita kencing manis atau diabetes mellitus (DM).
Efek puasa terhadap individu normal tentunya punya segudang manfaat. Manfaat yang sudah diamini dan diakui secara medis antara lain bahwa puasa memberikan penurunan berat badan (BB) rerata 1,7-3,8 kg selama puasa (pada subjek dengan berat badan berlebih, red), puasa juga membantu pemecahan glikogen yang disebut dengan glukoneogenesis yang tentunya menurunkan penumpukan lemak di hati dan otot. Studi lain di Tunisia menyatakan bahwa puasa memiliki efek meningkatkan kadar kolesterol HDL, yaitu kolesterol baik yang berfungsi mencegah terjadinya plak pada pembuluh darah. Namun yang masih menjadi perdebatan, apakah puasa memiliki pengaruh pada penderita diabetes…

Sakit Maag : Bolehkah Berpuasa...?

Gambar
Puasa merupakan ibadah utama dari rangkaian Ibadah Ramadhan tersebut. Puasa menahan lapar dan haus sejak matahari terbit sampai terbenam. Satu hal yang selalu menjadi pertanyaan apakah lambung kita tahan tidak makan dan minum selama 13-14 jam tersebut.
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, saya harus menyampaikan dulu hikmah dari puasa Ramadhan tersebut yaitu Berpuasalah agar kamu sehat. Jadi jelas jawabannya bagi orang yang sakit maag apalagi yang tidak mempunyai sakit maag diwajibkan berpuasa agar menjadi sehat. Pertanyaan berikutnya apakah ini berlaku bagi semua yang sakit maag? Tentu kalau seseorang   sedang mengalami sakit maag yang akut sedang mual dan muntah bahkan muntah darah atau buang air besar hitam mereka jelas tidak boleh berpuasa.
Secara umum sakit maag dengan istilah medis yang sering digunakan Dispepsia dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu  sakit maag fungsional dan sakit maag organik. Kepastian pembagian ini tentu selelah dilakukan peneropongan dengan alat yang disebu…

Dr. Ari F Syam : Tips Sehat Berpusa

Gambar
Berbagi kepada Masyarakat talkshow bersama Ustadz Yusuf Mansyur mengenai tips sehat berpuasa:
1. Sahur tetap sunahnya memperlambat sahur. Tetap minum sampai Imsak.
2. Walau sedikit tetap ada makanan yang dikonsumsi dengan komponen lengkap ada karbohidrat bisa nasi atau kentang, ada unsur lemak dan protein bisa telur, ikan atau daging ayam. Sebaiknya dalam bentuk rebusan dan bukan digulai. Ada buah dan sayur yang dikonsumsi saat sahur.
3.Habis sholat Subuh sebaiknya tdk langsung tidur tapi kalau tetap ingin tidur, baiknya tidur dengan bantal tinggi. 
4. Saat buka puasa, buka dengan yang manis2, sebaiknya dari manis buah bisa dalam bentuk jus atau minimal teh manis yang encer. Konsumsi 3 buah kurma. Boleh ditambah 1 buah kue kecil. Lanjut Sholat Magrib.
5. Makan besar prinsipnya tetap bukan mendobelkan makan siang dengan makan malam. Porsi tetap seperti makan malam. Sebaiknya tetap menghindari makanan yang berlemak dan hindari goreng2an yang berlebihan. Sunahnya makan dan minum tetapi jangan…

Di Cari ; Sekolah yang memanusiakan manusia

Sebagai orang islam, tentu saya ingin anak saya terdidik secara islami. Sebagai orang tua, saya ingin anak saya lebih dari saya dalam segala hal. 
Saya ingat waktu itu, saya belum berpengalaman jadi orang tua. saya mengambil keputusan besar untuk memasukan putri sulung ke sekolah berbasis agama premium. Uang masuknya 20 juta uang sppnya 800 ribu di akhir tahun sekolah, seingat saya. Klo ditanya apa saya mampu ? Sejujurnya saya bilang, saya memaksakan diri. Sampai detik inipun begitu. Saya rela tidak pakai emas berlian, tidak sering-sering kongkow di cafe, tidak pake barang branded, tidak sering jalan-jalan. Semuanya demi anak. 
Bisa dibayangkan donk ya, siapa saja teman anak-anak saya ? Temannya adalah anak dari para orang tua yang punya uang masuk dg nominal 20 juta dan sanggup membayar uang spp 800 ribu perbulan (UMR waktu itu 2 juta). Jangan tanya bagaimana dampak psikologis anak karena punya temen horang kayaaaah, saya enggak tertarik bahas itu. Karena itu udh lewat dan anak saya ud…

Satu Tahun Dalam Naungan Iman, Ilmu dan Pelayanan

Kamu akan merindukan saat-saat ini, sayang.  Peer bejibun,  projek antri buat dikerjain,  materi ulangan dua mata pelajaran belum dibaca,  mempelajari materi agama yang lebih mirip sejarah tapi rumit untuk dimengerti (karena perbedaan sudut pandang yang kita punya), Semuanya harus diserahkan besok pgi.  Padahal Guru tidak jarang baru memberi tugas itu pada H-1 atau paling lama H-2 kamu sampe rumah udah lewat magrib setelah pulang sekolah dan les. Padahal pamit dari rumah sebelum jarum jam menunjukan angka 6 dipagi hari.  Tidak ada lagi leha-leha nonton tv, main hp dan keluar rumah tanpa alasan. 
"Maaah ayooo buruan. Besok ulangan... "Maaah buru, tugas banyak nih... "Mama aja deh sama adek yang ngemall, Aku belajar di rumah"
Namun wajah mu masih ceria :) senyum kamu itu sayang, adalah indikator buat mama bahwa kamu sanggup menjalani pilihan mu. Ingat pesan mama nak, malas dan menghindari tugas adalah salah satu cara mendatangkan petaka. 
Kamu akan merindukan saat-s…

JAUHKAN ANAKMU DARI KEMUDAHAN (Rhenald Khasali)

Gambar
Seorang mahasiswi mengeluh. Dari SD hingga lulus S-1, ia selalu juara. Namun kini, di program S-2, ia begitu kesulitan menghadapi dosennya yang menyepelekannya. Judul tesisnya selalu ditolak tanpa alasan yang jelas. Kalau jadwal bertemu dibatalkan sepihak oleh dosen, ia sulit menerimanya.
Sementara itu, teman-temannya, yang cepat selesai, jago mencari celah. Ia menduga, teman-temannya yang tak sepintar dirinya itu "ada main" dengan dosen-dosennya. "Karena mereka tak sepintar aku," ujarnya.
Banyak orangtua yang belum menyadari, di balik nilai-nilai tinggi yang dicapai anak-anaknya semasa sekolah, mereka menyandang persoalan besar: kesombongan dan ketidakmampuan menghadapi kesulitan. Bila hal ini saja tak bisa diatasi, maka masa depan ekonominya pun akan sulit.
Mungkin inilah yang perlu dilakukan orangtua dan kaum muda: belajar menghadapi realitas dunia orang dewasa, yaitu kesulitan dan rintangan. Hadiah orangtua
Psikolog Stanford University, Carol Dweck, yang menulis tem…

Pengalaman Melakukan Operasi Perawan (Vaginoplasty)

Gambar
“Lu Operasi apaan sih kemaren ?” “Sakit apaan sih, sampe operasi segala ?” Mau tau banget, apa mau tau ajaaaaah....?! Ssst, sini yaaaaa Kepo-ers saya ceritain… 
*tidak menerima ceramah agama*
Sebagai Wanita yang telah melahirkan secara normal beberapa kali, Saya merasa bahwa vagina tidak kencang lagi. Menurut teori kedokteran, Otot vagina memang cenderung meregang, mengendur, dan melemah setelah melahirkan. Meskipun tidak memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan seorang wanita, namun hal itu dapat menurunkan kualitas kehidupan seks karena vagina gagal merasakan sensasi tertentu. Sehingga, inilah alasan saya melakukan vaginoplasty yaitu untuk meningkatkan kualitas hubungan seksual dengan peremajaan vagina. Saya sudah minum obat alami (sampe bosen) yang katanya selain bisa mengencangkan juga bisa mengeluarkan kotoran dari dalam vagina,Saya sudah coba ratus vagina,  Saya sudah coba laser vagina dan sudah sering melakukan senam kegel. Tapi khasiatnya enggak begitu terasa, sekarang saya mau ya…