Percobaan Telur Melayang di Air Garam

Tugas IPA Fatiha

Telur yang bagus dan sehat, akan tenggelam jika dimasukkan dalam air. Sedangkan telur yang sudah busuk akan mengapung diatas air. Pada percobaan membuat telur melayang di air ini, kita akan membuat telur yang bagus dan sehat mengapung di air. Jadi jika seharusnya telur akan tenggelam, tetapi pada eksperimen kali ini kita akan membuatnya mengapung. 

Percobaan Telur Melayang di Air Garam

Telur Melayang Di Air
Telur Melayang Di Air

Percobaan ini akan memberikan pemahaman kepada kalian tentang rapat jenis/massa jenis/densitas. Perbedaan air dengan densitas tinggi dan air dengan densitas rendah. Sekaligus memberikan sedikit pengalaman bagaimana memanipulasi densitas air. 

Alat dan Bahan yang diperlukan:

  1. Telur yang baik
  2. Air
  3. Garam
  4. Gelas yang besar dan panjang

Cara Melakukan Percobaan:

  1. Tuangkan air ke gelas hingga setengah penuh
  2. Tambahkan garam sebanyak mungkin.
  3. Aduk hingga larut
  4. Perlahan-lahan dan hati-hati, tambahkan air hingga penuh
  5. Komposisi air dalam gelas saat ini ialah: 1/2 gelas atas air biasa, 1/2 gelas bagian bawah air berkadar garam tinggi.
  6. Masukkan telur perlahan
  7. Lihatlah apa yang akan terjadi
  8.  

Apa yang Sedang Terjadi:

Air garam memiliki massa jenis yang lebih besar dari air, semakin tinggi massa jenis cairan maka akan semakin mudah suatu benda mengapung di atasnya. Ketika kamu memasukkan telur ke dalam gelas berisi air, maka telur akan tenggelam melewati air biasa (1/2 gelas atas) kemudian berhenti dan mengapung di 1/2 gelas bagian bawah karena terdapat air garam. Ini hanya akan terjadi jika kalian berhati-hati saat menuangkannya.

 

0 Komentar