Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus, 2020

Uang masuk SMP Global Prestasi Bekasi (Junior High School) 2021-2022

Gambar
Enggak terasa, Bayinya Mama yang lahir Maret 2009 sekarang udah kelas 6 dan udah harus daftar ke SMP di Agustus ini. Klo ditanya maunya SMP di mana, Nis dan Fathan belum satu suara. Nis maunya coba di Kanisius (karena kanisius mengijinkan siswanya untuk shalat jumat tanpa ribet sama absensi-beda sama Penabur) dan Fathan maunya di Global Prestasi lagi. Well, Fathan nyaman banget kayaknya di GPS. Ya udahlah, ikutin anaknya aja. Toh dia yang mau sekolah, apalagi pandemi gini. jadi terbatas geraknya mau cari-cari sekolah.  Global Prestasi menyediakan tour sekolah virtual. Jadi memudahkan orangtua yang mau survey sekolah ditengah ancaman corona virus ini. Walau Fathan SD nya di GPS juga, tapi sesi ini penting banget buat diikuti. Supaya nis tau, kenapa harus memilih GPS buat sekolah anak. GPS selain dekat rumah, sebagai orangtua, nis suka suasana sekolahnya. Enggak banyak yang punya kelas memasak di sekolah dan cara GPS mengkoordinir belajar onlinenya bagus banget. Enggak stres jadi orangtu

Yang pernah berlalu

Sebut saja Kenanga, perempuan yang berada di tanah sebrang untuk menggapai mimpinya. mimpi yang terlalu tinggi untuk seorang anak janda yang mengais nafkah halal dari hasil kuli. Kenanga belajar untuk dapat memutus mata rantai kemiskinan.  Uang bulanan yang dikirim Ibunya terlalu jauh untuk dikatakan cukup, datangnyapun tidak menentu. Tapi Kenanga tidak sampai hati untuk protes. Dia tau, uang yang sampai pada tangannya merupakan hasil Ibunya memeras keringat dan tenaga. Kenanga bersyukur sambil mencari cara agar bisa bertahan hidup. Kenanga tinggal di pesantren supaya bisa dapat tempat tinggal dan makan gratis, walau dia harus berbagi kamar asrama dengan anak-anak santri dan mengajar mata pelajaran eksak. Sesekali Kenanga menulis cerpen dan puisi untuk majalah dan koran lokal. Honornya tidak banyak dan lama turunnya, tapi cukup untuk membeli bubur kacang hijau kesukaannya. Saat libur kuliah, Kenanga tidak pernah pulang. Mengikuti semester pendek (SP) adalah pilihannya.  Suatu hari menj

LDR Rumah Ibadah

Antara adzan yng berkumandang dan lonceng yang berdentang Antara kiblat yang tentukan arah pulang dan salin yang membuatmu tenang Antara manisnya syahadat dan dasyatnya syafaat Antara hitungan tasbih dan kalungan rosario Aku percaya bahwa sujudku dan genggaman tanganmu ajan bertemu pada amin yang sama... Suatu senja yang penuh harap

Perempuan

Entah siapa penulis Aslinya,  yang pasti tulisan ini...aku suka 😊 Jadi perempuan harus siap dengan posisi serba salah.🥀 Perempuan dituntut untuk memeluk kekurangan dan aib keluarga. Perempuan dituntut sholehah, cerdas dan selalu menarik. Perempuan dituntut sempurna menjadi bidadari suami dan madrasah pertama keturunannya. Sepertinya semua hal tersebut masuk akal berlaku ideal bila suami pun telah sempurna tahu dan faham menempatkan dirinya. Ketika laki-laki telah absolut mumpuni sebagai imam, pembimbing dan kepala keluarga yang bertanggung jawab. Tidak hanya bertanggung jawab soal materi, tapi juga soal religi, psikologi, emosional dan fasilitas seluruh anggota keluarga. Sering kah dengar dan melihat perempuan sakit jiwanya? Tubuh nampak sehat tapi jelas nampak ada tidak kestabilan psikologis dan emosional?? Atau akhlaknya menyejukkan tapi fisiknya ringkih sakit-sakitan?? Sering ya Perempuan Kalau berkoar kesengsaraan di umum, dikata tak pandai jaga rahasia. Kalau dipendam, lama-lama

Latar belakang pengambilan keputusan hidup

Sebelum jadi Emak-emak, Gue jarang banget ngelakuin suatu hal karena alasan orang lain. Setelah jadi Emak, 90 % keputusan hidup gue latar belakangnya adalah anak-anak. Bahkan, gue ngeri klo keputusan gue membawa dampak buruk buat anak-anak.  Misanya, takut dimarahin nyokap klo enggak belajar. alasan gue belajar karena pengen bisa nyari duit sendiri. kali aja klo pinter mah bisa memutus mata rantai kemiskinan. Misalnya, olahraga karena takut suami selingkuh klo badan melar. gue olahraga + hidup sehat pen umur panjang, kali bisa liat anak cucunya anak gue.  Misalnya, Gue enggak makan babi dan enggak minum alkohol, bukan karena gue takut dosa. Bukan. Gue hampir juga jarang menempatkan alasan agama menjadi alasan utama. karena banyak orang yang menjadikan agama sebagai alasan utama, justru mereka berusaha mengakali Tuhan. Gue enggak makan babi dan enggak minum alkohol karena gue enggak suka (alkohol pait kaya kenyataan idup), alasan kedua karena kesehatan. I Love My Body so much Misalnya l

Makan Cinta BERAK Love !

Gue enggak habis pikir deh sama perempuan yang menyediakan dirinya buat jadi andalan lelaki yang statusnya masih pacaran.  Dulu, gue pernah punya temen sekolah yang rela nyuci dan gosokin pakaian pacarnya di kost-an. Jadi, tiap ngapel malam minggu dia bawa pakaian luar dalam, kaos kaki dan sepatu kotor seminggu. Jangan ngarep deh dia bisa kongkow di hari Minggu. Karena dia sibuk sama nyuci, gosok punya dia...punya pacarnya dan masak buat pacarnya. Atasnama cinta ? T*IK ! Gue punya sodara, janda yang bangga punya laki ganteng dan mudaan. Tapi demanding (minta motor gede, minta ini dan itu), kagak kerja, kaga ngasih duit. Iiih gue sih risih liat laki duduk manis di rumah terus gue yang kudu banting tulang. menang bangga klo dipemarin doank gitu...diajak kondangan ??? Makasih buanyak ! Kagak kenyang dikasih makan K*nTOL Gue punya Khadimat, singel mom 3 anak. 2 diantaranya udah kerja. ada 1 anak yang masih SMA, dia belakangan minjem duit mulu urusannya. apalagi klo mau pulang kampung. Samp

Mobil Honda baru, Langsung pake. Enggak nunggu plat nomor.

Gambar
Kami cuma punya Nav1 tahun 2013. mobil ini satu-satunya andalan kami. tapi seiring berjalannya waktu, Nav1 udah mulai minta ganti partnya satu persatu yang akhirnya merembet. Akhirnya kami putuskan untuk ganti mobil. Setelah cari info dan mempertimbangkan banyak hal, maka, pilihan jatuh ke Honda Jazz RS metalik.  Mas Tri, sales mobil Honda membantu kami dari mulai mencarikan pembeli mobil bekas, membantu deal dengan pembelinya (deal harga dan deal bahwa mobil baru bisa diambil setelah Jazz datang). Ini penting sekali karena harga jual Nav1 kami jadikan DP Jazz dan kami enggak mau enggak ada mobil. Mas Tri juga membantu kami menemukan Leasing yang harganya kompetitif, kami dapat maybank. Melalui Mas Tri,  Kami bernegosiasi dengan pihak Honda bahwa kami butuh plat nomor sementara, supaya mobil bisa kami pakai. Kabar baiknya, Honda bersedia memberikan secara cuma-cuma. Klo bayar bisa 1,5 juta.  Prosesnya cepat sekali. Hari Rabu sebelum Idul Adha Mas Tri membawa calon pembeli mobil, setela

Dear Calon Pemimpin Indramayu

"Dokter kemarin dari Indramayu ?" Tanya pasien bayi tabung asal Cirebon di dalam sesi konsultasi kesuburan Papinya Hanim "Iya" jawab papinya Hanim.  "Kayaknya dokter sering ke Indramayu ya ? Apa orang sana, Dok?" Tanya pasien lagi "Iya" jawab papinya hanim lagi "Ah masa sih dok ?" Tanya pasien penuh heran. Mungkin dalam benaknya, tidak mungkin ada orang Indramayu berparas Indo, berprofesi dokter kandungan yang cakap menangani kesuburan.  "Istri saya, Ibunya orang sana" jawab papi hanim yang di sambutan anggukan pasien * Indramayu dikenal sebagai pemasok pelacur dan buruh kasar sampai ke Luar Negri. Parameter moral sedemikian ambigu. kemiskinan dan kebodohan seolah menjadi mata rantai yang terus mengutuk kota dan generasinya. Banyak sudah orang pandai yang bertahtah di kursi kepemimpinan kabupaten itu, tapi hasilnya nisbi.  Papinya Hanim tidak pernah habis pikir, kenapa Nisa bisa dengan bangga mengatakan berasal dari Indramayu.

Tips jadi membimbing anak belajar online

Banyak banget liat video Emak-emak marah karena belajar online. Marah ke sistem, ke corona, ke guru, ke sekolah, ke anak. Nisa juga keberatan dengan ini, tapi marah aja bukan solusi. Anak pinter kagak, stres iya! Berikut ini hal-hal yang nis lakukan ke anak di rumah ; 1. Mandiri Biasain sedini mungkin anak mandiri. susah loh menghadapi anak yang ketergantungannya tinggi ke kita. Sementara kita harus berbagi peran. 2. Disiplin Ditega-tegain, awalnya. dibilang emak kejam, emak galak. tantangan terbesar datang dari nyokap aka neneknya anak-anak. Dulu kami bersebrangan. tapi nis keukeuh, anak nisa, aturan nisa. Sekarang, Nyokap bisa ngerti. Apalagi setelah liat hasilnya. Anak-anak perlu sosok yang di segani.  3. Komunikasi Ini penting. Bangun komunikasi dua arah. Di mana ortu bisa bicara apa maunya dan anak mendengarkan, demikian juga sebaliknya. Anak-anak enggak pernah nangis njerit-njerit dari kecil karena komunikasi baik. "Bilang aja baik-baik, Apa yang kamu mau, kamu rasa..."