Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2018

True Story Horor mengenai hutang si mayit yang belum lunas

Gambar
Sebut saja namanya Bening,  dia menyanggupi permintaan tolong temannya, si kaca. Untuk jaga disebuah inhouse klinik sebuah hotel berbintang milik Birru -teman sekantor kaca. 300 ribu fee yang dijanjikan untuk bekerja dari jam 17-21 Maka, setiap pulang kerja dirumah sakit, Bening memenuhi komitmen itu. Kecuali hari minggu,  selama sebulan,  Bening melakukan tugasnya. Saat akhir bulan,  Bening hanya menerima 3 juta rupiah. Sisanya dijanjikan besok. Besok yang tidak pernah terealisasi karena Birru menutup segala akses komunikasi.

Setahun berlalu,  dibulan ramadhan,  saat pulang kampung,  Bening terjaga ditengah tidurnya. Dia merasa ada sesosok pria yang berada dihadapannya diluar kelambu tempat tidurnya. Bukan itu saja,  Bening juga merasa bahwa ada yang mengikutinya. Ekormatanya seringkali menangkap sesosok bayangan itu. Waullahualam...Bening cuma bisa berdoa.

Hingga pada suatu hari,  setelah Ied Fitr,  Kaca menghubungi Bening untuk mengucapkan selamat hari raya. Kaca menyampaikan bahw…

Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan

Gambar
Mahasiswa dengan begadang adalah hal yang tak bisa dipisahkan. Bahkan ada yang bilang, kamu bukan mahasiswa kalau belum pernah garap tugas semalaman suntuk dan baru tidur ketika matahari terbit atau bahkan gak tidur karena tugasnya harus dikumpul hari itu juga.

Kebiasaan yang kerap menggunakan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) memang sudah mendarah daging dan menjadi penyebab kenapa kita begadang. Nah, biar mikir-mikir lagi buat pake sistem itu, Hipwee bakal kasih soal potensi-potensi buruk kalau kamu terlalu sering begadang.

1. Wajah pucet dan lingkaran dekat mata menghitam kayak panda!

Ciri perubahan fisik memang bakal menghantui kamu kalau keseringan begadang. Muka kamu bakal gak keliatan seger. Lebih pucat, sayu, lelah, dan bakal tampak lingkaran hitam di bawah mata atau dikenal dengan mata panda. Selain itu, mata lebih merah dan bawahnya tampak berkantung. Kerutan di sekitar mata pun bisa lebih cepat muncul meski kamu masih muda. Kamu gak mau kan keliatan gak seger? Jauhin begad…

Odol BUKAN Obat Luka Bakar

Gambar
10 Tips Pertolongan Pertama Bila Anak Tersiram Air Panas.



Menjadi orang tua bukanlah tugas yang mudah. Terutama bagi yang memiliki anak balita.
Tentu harus ekstra hati-hati dan tidak boleh lengah sedikit pun.

Usia balita merupakan masa-masa di mana anak gemar mencari tahu segala sesuatu.
Seringkali berniat ingin membantu memasak, kenyataanya justru tidak sengaja tersiram air panas atau minyak panas.

Apa yang harus kita lakukan?
Panik? Langsung ambil pasta gigi dan dioleskan ke luka??
Bila seperti ini luka justru makin rusak oleh soda dalam pasta gigi.

Kulit yang tersiram air panas/luka bakar biasanya terasa panas bahkan melepuh sehingga menimbulkan rasa nyeri dan tak nyaman.
Masyarakat awam seringkali mengobati luka bakar dengan mengoleskan odol, kecap, mentega atau minyak.

Padahal faktanya :

- berbagai kandungan zat di dalam pasta gigi, seperti pemutih dan pewarna, justru malah bisa memperparah luka dan memicu timbulnya infeksi

- saat diolesi pasta gigi mungkin rasa panas memang aka…

Tips Berhenti Merokok

Gambar
Resolusi Tahun Baru buat Perokok



Selamat pagi.. Selamat tahun baru ya!
Menyambut tahun yang baru, seringkali kita membuat resolusi dan target2 yang akan kita capai setahun ke depan.
Bagi Anda yang masih terbiasa merokok, mungkin bisa mulai berubah untuk berhenti. Tiap orang punya cara sendiri, termasuk strategi untuk behenti merokok.
Ada 3 cara yang saat ini dianggap efektif, yaitu:
.
1. Berhenti seketika
Meskipun terdengar sadis, namun cara ini paling efektif membuat seorang perokok aktif menjadi langsung berhenti merokok. Diawali dengan niat yang kuat untuk menjauh dari rokok, hingga mengalihkan anggaran belanja dan mengganti kebiasaan merokok dengan kebiasaan lain yang lebih bermanfaat. Rasa tidak enak karena withdrawal emang tidak enak, namun berangsur2 akan hilang sendiri.
.
2. Penundaan
Strategi ini berguna untuk perokok yang belum berani berhenti seketika. Tubuh diajak beradaptasi pelan-pelan dengan menunda keinginan merokok kira2 selama 2 jam tiap harinya. Kira2 perlu waktu s…

Mitos Rokok

Gambar
Mitos 1 :
Sekali merokok tidak akan menyebabkan kecanduan
Faktanya adalah :
nikotin yang ada di dalam rokok dapat menyebabkan kecanduan dalam waktu singkat. Nikotin dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan zat kimia pada otak. Sehingga menyebabkan seseorang menjadi kecanduan pada tembakau.
.
Mitos 2 :
Filter rokok dapat melindungi perokok.
Faktanya :
Ternyata filter tidak bertujuan untuk melindungi perokok karena dibuat agar partikel asap menjadi lebih kecil. Sehingga menyebabkan nikotin lebih mudah terserap oleh otak. Hal ini meningkatkan kecanduan seseorang pada rokok
.
Mitos 3 :
Sesekali merokok tidak memberikan dampak buruk pada kesehatan
Fakta yang ada adalah :
gangguan kesehatan akibat merokok tidak hanya berlaku pada perokok berat atau yang sudah merokok dalam waktu lama. Asap rokok dapat memicu terjadinya serangan jantung tidak hanya pada perokok tetapi orang yang secara tidak sengaja menghisap asap rokok. Setiap batang rokok dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru, pemb…

Bahaya Penggunaan Lensa Kontak Kosmetik

Gambar
Bahaya Penggunaan Lensa Kontak Kosmetik



Pemakaian lensa kontak untuk mempercantik penampilan saat ini menjadi tren yang mendunia. Lensa kontak yang hanya digunakan untuk merubah tampilan mata, bukan untuk mengkoreksi penglihatan, sering disebut dengan lensa kontak dekoratif, atau lensa kontak ‘fashion’, atau lensa kontak kosmetik, atau lensa kontak warna. Dalam pembahasan selanjutnya akan kami gunakan istilah lensa kontak dekoratif.

Selain fungsinya yang bisa merubah tampilan mata secara dramatis dalam waktu singkat, baik dari segi warna maupun menimbulkan kesan mata yang lebih besar, pemakaian lensa kontak dekoratif ini ternyata menyimpan resiko dan bahaya yang dapat mengancam penglihatan pemakainya, sehingga harus dicermati oleh semua pemakai atau calon pemakainya.

Harus disadari bahwa ukuran lensa kontak yang dibeli bebas belum pasti cocok untuk semua orang. Penggunaan lensa kontak yang ukurannya tidak sesuai dapat menimbulkan resiko sebagai berikut:

Infeksi pada selaput bening (k…

Bedanya Halusinasi, Ilusi dan Delusi

Gambar
halusinasi, ilusi, atau delusi

Kamu suka melamun? Berimajinasi membayangkan punya kekuatan yang super. Atau berangan-angan jadi orang kaya nan populer. Atau berandai2 jadi mata-mata yang akan menguak seuatu konspirasi dunia?

Boleh-boleh aja..
Selama imajinasi ini masih bisa kita pisahkan dari dunia nyata. Jika batas antara dunia fantasi dengan dunia nyata dirasa menjadi semakin kabur, maka ini bisa jadi berbahaya dan menimbulkan penyakit pada mental. Ada 3 gejala yang mungkin muncul, yaitu halusinasi, ilusi, dan delusi. Cara mudah membedakannya gini:

Halusinasi:
Kamu liat di depan pintu ada monster, padahal sebenernya ga ada siapa2 di situ (halusinasi visual).
Atau
Kamu dengar ada suara2 orang membisikkan hal jahat padamu, padahal ga ada siapa-siapa, dan ga ada orang lain yang dengar (halusinasi auditorik).

Ilusi:
Kamu lihat di depan pintu ada monster menyeramkan bawa senjata, padahal sebenernya itu cuma orang biasa yang sedang bawa makanan. Sosok manusia itu berubah menjadi monster …

Bahaya Rokok Elektrik

Gambar
Rokok Elektrik

Banyak masyarakat mengklaim lebih aman daripada rokok tradisional, namun dari sisi medis tetap tidak merekomendasikan konsumsi rokok elektrik ini.

Meskipun beberapa jenis rokok elektrik ada yang tidak menggunakan nikotin, namun campuran senyawa kimia lain seperti propilen glikol, bisa meracuni tubuh dan menimbulkan peradangan pada paru, penyempitan jalan nafas, hingga memicu timbulnya kanker.

Oleh karena rokok elektrik maupun rokok tradisional sama-sama mempunyai efek buruk bagi kesehatan, marilah kita hindari. Kita ingatkan teman2 & saudara2 kita untuk menjauhi kebiasaan merokok, dan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik sesuai gaya hidup sehat.


Tidak cukup nyinyir dan menghakimi

Sebagai anak bungsu,  waktu masih remaja,  nis pingin banget punya adik -sekarang sih udah bisa menerima dan mensyukuri keadaan.

Nis punya adik angkat,  kandar namanya. Seorang anak laki-laki kelas 1 SD yang tidak naik kelas beberapa tahun karena tidak kunjung bisa baca tulis dan acapkali berhenti sekolah karena permasalahan orangtuanya. Kandar -tetangga ku. Kami tinggal disebuah gang sempit di perkampungan kumuh ditengah ibu kota. Papa Kandar seorang residivis pencurian,  Mama kandar seorang buruh cuci yang menghidupi kandar dan adik-adiknya. Mereka masih menumpang dirumah orang tua mama kandar bersama adik mamanya yang juga telah berkeluarga. Tanpa seijin mama, beberapa kali,  aku menemani mama kandar yang tengah hamil menengok suaminya di LP Salemba. Penuh sesak disana sewaktu jam besuk. Kami harus berjalan kaki ke jati baru lalu berganti-ganti angkutan umum dari tanah abang ke salemba.  Harus antri dan memberikan "jatah" pada sipir penjara. Aku ingat,  aku dimintai tolo…