Mitos Rokok




Mitos 1 :
Sekali merokok tidak akan menyebabkan kecanduan
Faktanya adalah :
nikotin yang ada di dalam rokok dapat menyebabkan kecanduan dalam waktu singkat. Nikotin dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan zat kimia pada otak. Sehingga menyebabkan seseorang menjadi kecanduan pada tembakau.
.
Mitos 2 :
Filter rokok dapat melindungi perokok.
Faktanya :
Ternyata filter tidak bertujuan untuk melindungi perokok karena dibuat agar partikel asap menjadi lebih kecil. Sehingga menyebabkan nikotin lebih mudah terserap oleh otak. Hal ini meningkatkan kecanduan seseorang pada rokok
.
Mitos 3 :
Sesekali merokok tidak memberikan dampak buruk pada kesehatan
Fakta yang ada adalah :
gangguan kesehatan akibat merokok tidak hanya berlaku pada perokok berat atau yang sudah merokok dalam waktu lama. Asap rokok dapat memicu terjadinya serangan jantung tidak hanya pada perokok tetapi orang yang secara tidak sengaja menghisap asap rokok. Setiap batang rokok dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru, pembuluh darah, dan sel pada seluruh tubuh.
.
Mitos selanjutnya adalah terlanjur sudah merokok dalam waktu lama maka kerusakan sudah terjadi dan terlambat untuk berhenti.
Fakta yang sebenarnya yakni semakin lama penggunaan tembakau maka semakin tinggi resiko terjadinya gangguan pada kesehatan. Pada usia berapa pun, semakin cepat berhenti maka semakin cepat kesehatan akan diperbaiki. 20 menit setelah berhenti merokok tubuh akan mulai pulih. Setelah 2-5 tahun berhenti merokok makan resiko terjadinya stroke akan sama seperti orang yang belum pernah merokok. Setelah 10 tahun maka resiko terjadinya kanker paru-paru menurun hingga 50%.
.
Ada juga mitos bahwa nikotin merupakan bahan alam
Dan ternyata faktanya adalah nikotin berasal dari daun tembakau. Namun, bukan berarti nikotin aman digunakan. Nikotin dapat merangsang adrenalin sehingga detak jantung meningkat, tekanan darah meningkat, dan bernafas lebih cepat.
.
Vivahealth

0 Komentar