Postingan

Menampilkan postingan dari September, 2017

Kenangan Ngunjung Gabus Wetan

Gambar
Kenangan Ngunjung

Definisi Ngunjung versi saya adalah ritual suroan. membawa makanan ke makam keluarga,  biasanya di areal pemakanan umum. Dan makan bersama disana setelah dilakukan doa bersama. Alm emak biasanya memasak sejak pagi buta dan mengangkut makanan itu ke pemakaman desa menggunakan becak.

Biasanya, dari siang hingga larut malam diselenggarakan pagelaran wayang kulit di areal pemakanan. Saya ingat, sepulang sekolah bersama teman berbondong-bondong untuk melihat. Kami berjalan kaki menyusuri jalan raya,  ngobrol dan bergurau sepanjang jalan. Awalnya, aku enggak ngerti. Tapi karena penasaran,  lalu berusaha menyimak alur cerita. Biasanya diadopsi dari cerita hidup sehari-hari.  Aku seolah tersihir dengan wayang-wayang kulit yang ditancapkan di kedebog-tubuh pohon pisang- dan digerakan oleh tangan sang dalang. Senja magrib adalah alaram untuk ku pulang. Kalau tidak,  almh emak akan marah. Ada mitos yang beredar,  kalau nonton wayang kulit dan tidak berniat sampai selesai,  mak…

Edukasi Sex pada Anak

Gambar

BUKAN Pembelaan terhadap PKI

Gambar
Seperti kebanyakan anak bangsa yang lahir dan besar ditahun 80-90, saya begitu membenci dan mentabukan PKI. Efek pelajaran sejarah dan film wajib yang menjadi tugas dari sekolah setiap tahun - yang dapet tugas yang sama mana suaranyaaaaaaaaah??? Lol

Bertahun kemudian,  benci itu berbuah rasa penasaran yang tinggi. Dimulai dari pertanyaan "emang apa sih yang udah orang-orang ini lakuin sampe negara segitunya? " Mama saya menjawab rasa ingin tau saya dengan memberikan karya sastra Pramoedya Ananta Toer koleksinya.Tak akan pernah saya lupa, jika waktu libur tiba, kami bergandengan tangan disuatu siang yang terik di medeo 90 an, menyusuri raya Kwitang berkunjung ke lapak buku bekas langganan mama. Konon, mama sudah menjadi pelanggan tetapnya sejak kuliah di tahun 60 an.  Sejak itu saya makin menggila,  rela tidak jajan demi membeli buku apa saja yang menjadi buruan saya.

Kemudian, setelah saya punya uang sendiri,  saya memulai petualangan mengunjungi tempat-tempat yang pernah m…

Kalau 6 hal ini terjadi di dunia kerja baru mu, PAMIT aja setelah terima gaji pertama...

Gambar
Cari kerja itu susah. Bisnis juga enggak bisa dibilang gampang buat memulainya. mungkin, sebagaian dari kalian sepakat dengan dua pernyataan ini yaaaa...Setelah sekian banyak lamaran yang kamu kirimkan atau setelah proses tes dan interview yang panjang serta negosiasi gaji yang alot...jika akhirnya kamu diterima, Saya ucapkan SELAMAT ! Semoga sukses dan betah ditempat kerja yang baru :)

Eeeeeeits, tapi tunggu dulu deh. Setelah masuk satu, dua minggu, kok rasanya ada yang aneh dengan tempat kerja ini. Jika keanehannya miri-mirip seperti yang saya jabarkan dibawah ini, saya sarankan, sebaiknya kalian pamit baik-baik setelah menerima gaji pertama. Pepatah bilang,  datang tampak muka maka pamitpun harus tampak punggung :)

Apa aja itu, Chek this out ya...

1. Tidak kunjung diberikan kontrak kerja yang berisi hak dan kewajiban kamu
Ini artinya ada ketidakberesan sistem administrasi didalam organisasi tersebut. posisi mu menjadi lemah sekali dimata hukum jika terjadi apa-apa dik…

Ecofeminism versi almh emak

Jaman dulu,  sering ikut almh emak keladang.  Acapkali,  ku lihat emak bercakap-cakap sendiri - tepatnya menyapa padi, pohon mangga,  pohon nangka, pohon pisang dan aneka tumbuhan bunga di areal pesawahan kami. Ku ingat, pada suatu hari,  wabah tikus menyerang padi yang mulai menguning disawah tadah hujan yang hanya panen satu tahun sekali. Semua orang stres.

Aku ingat,  suatu siang,  sambil membawakan makan siang untuk bapa, emak kembali bercakap-cakap seorang diri di galengan sawah miliknya "los,  olih dipangan gah. Tapi tulung sisai nggo kula sing ngurusine" sampai waktu panen tiba,  banyak yang gagal panen. Tapi alhamdullilah, tetap ada gabah yang kami bawa pulang,  walau tidak banyak.

Almh emak ku,  tidak sekolah-karena takut diculik pada saat kependudukan jepang, hanya seorang buruh kasar yang menjual tenaga untuk makan (apa aja dilakoni) dan pengabdi keluarga. Namun,  sekian puluh tahun lalu,  almh emak sepenuhnya paham bahwa hewan dan tumbuhan memiliki jiwa-sama sep…

Fakta dan Mitos Demam pada Anak

Gambar

Bahaya Alprazolam

Gambar
Efek Penggunaan Alprazolam yang Tidak Sesuai Indikasi

Sejak salah seorang pasien menuliskan tentang pengalamannya melepaskan diri dari alprazolam (tulisannya bisa dibaca di sini) banyak pasien yang mendatangi saya untuk berkonsultasi dengan masalah yang sama. Menariknya kasus ini rata-rata mirip latar belakangnya, yaitu pasien diberi obat tersebut tanpa tahu karena dokter yang meresepkannya mengatakan obat tersebut adalah obat racikan obat lambung.

Pada beberapa kali kesempatan bertemu dengan dokter umum atau spesialis dan memberikan seminar tentang penggunaan obat golongan benzodiazepine (alprazolam termasuk obat golongan ini) saya selalu menekankan perlunya untuk mengatasi masalah pasien dengan obat yang sesuai indikasinya. Penggunaan obat golongan penenang jenis benzodiazepine ini memang menjadi perhatian saya sejak mulai berkecimpung di dunia psikiatri. Badan kesehatan dunia WHO dalam laporannya mengatakan 80% peresepan benzodiazepine dilakukan oleh dokter umum di pelayanan prime…

Kenapa Antibiotik HARUS dihabiskan ?

Gambar
Saat sudah diberi resep antibiotik, karena alasan tertentu seringkali pasien lupa minum atau bahkan tidak menghabiskannya. Apa efeknya?

Menurut Ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA), dr Harry Parathon, SpOG(K), kondisi ini dapat menimbulkan resistensi antibiotik. Jangan anggap remeh, kondisi ini bahkan dapat menimbulkan kematian.

"Resistensi antibiotik dapat menyebabkan kematian, karena antibiotik tak bisa lagi membunuh bakteri penyebab penyakit. Biasanya ini karena kurangnya kepatuhan pasien," ujar dr Harry.

Hal tersebut ia sampaikan dalam temu media Pfizer Press Circle: 'Pentingnya Kepatuhan Penggunaan Antibiotik', yang diselenggarakan di Hotel Akmani, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta

Selain itu, dr Harry menyebutkan bahwa hal ini mungkin terjadi karena saat ini pasien sangat mudah membeli antibiotik tanpa resep di apotek. Padahal seharusnya antibiotik tidak dijual bebas.

"Tak sedikit juga kan orang yang suka menyimpan antibiotik di rumah, bahkan…

Jangan Sembarang Menyebut Orang Psikopat

Gambar
Setiap ada kejadian kejahatan yang melibatkan seseorang yang relatif muda dan tidak diduga menjadi tersangka, kebanyakan orang lalu mulai memikirkan apakah perilakunya psikopat.

Kata psikopat mulai banyak dibicarakan orang ketika mulai menceritakan sikap pembunuh yang dianggap mampu melakukan perbuatan kejinya tanpa menunjukkan rasa bersalah.

Istilah ini mungkin banyak dikaitkan dengan perilaku karakter tokoh Hanibal Lecter di film Silence of The Lambs beberapa tahun yang lalu.  Seorang pembunuh berdarah dingin yang memakan juga korbannya dan tidak menunjukkan rasa penyesalan.

Belakangan istilah psikopat juga muncul di beberapa pemberitaan berkaitan dengan kasus-kasus pembunuhan di Indonesia. Ada kisah sepasang muda mudi yang membunuh mantan kekasih, ada seorang ibu kepada anak dan mungkin belakangan ini dikatakan berkaitan dengan kasus pembunuhan di suatu kedai kopi. Sebenarnya apa psikopat itu?

Gangguan Kepribadian

Istilah psikopat sebenarnya sudah tidak dipakai dalam diagnosis gan…

Lakukan ini jika terkena air keras

Gambar
Air keras adalah zat kimia dari larutan asam kuat yang bersifat merusak jaringan tubuh dan juga logam berat. Memiliki nama asam sulfat dengan rumus kimia H2SO4, termasuk senyawa ionik yang sangat mudah menghantarkan elektron atau arus listrik. Zat ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari - hari dalam cairan aki atau accumulator kendaraan bermotor.



Dalam ilmu kimia asam sulfat (air keras) dan asam kuat lainnya mampu meluluh lantahkan semua jenis logam, kecuali logam mulia yaitu emas (Au) dan platina (Pt).

Dengan asumsi logam pun bisa hancur dengan asam kuat, apalagi tubuh manusia yang merupakan jaringan biologi yang hanya terdiri dari unsur C, H, O, N, S, P.

Untuk mengantisipasi kerusakan yang ditimbulkan, ada tips2 untuk menanggulanginya jika tubuh sudah terlanjur terkena air keras :
1. Basuh dengan air mengalir selama kurang lebih 20 menit.
2. Lepas pakaian dan perhiasan yang ikut terpapar.
3. Gunakan obat khusus untuk luka bakar yang mengandung pelembab dan antibiotik.
4. Hind…

Apa bedanga Marasmus dan Kwashiorkor ?

Gambar
đź’˘Marasmus is caused by a severe nutritional deficiency in general. It is usually found in very young infants and very young children. It can be prevented by breastfeeding. It is actually caused by the total or partial lack of nutritional elements in the food over a period of time.

đź’˘Kwashiorkor is actually the result of a lack of protein in the diet. It is different from marasmus, which is a total lack of nutrition in the diet.


Madu yang tau dirinya hanya madu (poligami story)

Madu yang tau klo dirinya hanya madu (TRUE STORY)

Punya mbak langganan rias yang saking deketnya sekarang jadi temen kongkow. Sebut aja namanya Kelir -sejenis pinsil warna yang bisa mewarna kehidupan rumah tangganya orang :)

Mbak kelir ini orangnya cantik - mirip penyanyi dangdut, baik, ramah dan sensual banget. Dia enggak dandan dan enggak ngapa2in aja, saya yang doyan mr p aja berasa digoda dalam arti, disentuh secara hati. Apalagi lawan jenis coba...saya jadi langganan riasnya karena dia bs nyulap saya jadi "beda", kreasi jilbabnya banyak dan sll cucok buat saya, dia ga pelit masukan terkait mode dan fasion buat saya. "Kamu cocoknya begini...begini...begini deh mbak nis...." dia juga enggak perhitungan urusan duit. Padahal make up yang dipake in buat saya itu dari merk yang lumayan harganya...saya sempet mbatin, ini orang kerja begini buat iseng doank kali yaaaaaa :)

Sampe pada suatu hari, saya dikenalin sama suaminya. Seorang pria santun nan sholeha yang usia …

Ada Madu di Istana ku (Poligami story)

Ada Madu di istana ku (TRUE STORY)

Sebut saja namanya lengkuas, wanita paruh baya yang sudah bekerja sebagai khadimat di gubug kami sejak empat tahun yang lalu.

Berbekal ijazah SMP tahun 80 an, Lengkuas muda merantau dari kampungnya di wonosobo. Sebuah pabrik garmen di bekasi menerimanya bekerja sebagai buruh harian.  Dibekasi itu pula, lengkuas bertemu pria pilihannya yang kemudian memberinya 3 orang anak. Pria yang berasal dari etnis asli, putra seorang peraji. Laos namanya. Sehari-hari, laos bekerja sebagai supir truk. Menjelang wafatnya, ibu peraji membagi tanah warisannya. Lengkuas membeli tanah bagian dari kakak suaminya agar bisa memperluas rumahnya.

Tidak lama setelah lengkuas melahirkan anaknya yang ketiga, suaminya sering tidak pulang. Setelah bertanya kesana kemari...seorang teman suaminya yang iba namun meminta identitasnya dirahasikan memberitahu kalau suaminya telah menikah lagi dengan seorang janda muda di kota sebelah. Membawa bayi merah perempuan serta dua putra keci…

Dear Fatihatul Nanisa Mutiara

Gambar
Untuk mu,

Yang ku besarkan dengan bermacam cara

Yang ku nafkahi dengan nafkah halal sekuat tenaga

Yang bahagiakan dengan segenap daya upaya ku

Tumbuhlah jadi perempuan kuat nan tangguh. Tegakan kepala mu dan tersenyumlah, apapun yang terjadi...

Semoga semua ini menjadi ladang amal mu, sayang.