Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus, 2017

💉 *KONSENSUS/GUIDELINES UPDATED*

💉 *KONSENSUS/GUIDELINES UPDATED*
semoga dapat bermanfaat yaa..

Semangat belajar Sepanjang Hayat masih dikandung badan... 🤓😁😁😁😁😂

1.       (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia)
Konsensus Asma, PPOK, Ca paru, Tumor mediastinum, TB, Pneumonia, Penyakit Jamur
http://www.klikpdpi.com/modules.php?name=Content&pa=showpage&pid=45

2.       (Perkumpulan Gastroenterologi Indonesia)
Konsensus Konstipasi, IBS, IBD, Upper GI Bleeding, GERD, Dispepsia
http://pbpgi.or.id/category/download/

3.       (Ikatan Dokter Anak Indonesia)
Jurnal-jurnal anak
http://saripediatri.idai.or.id/
Konsensus kejang demam
http://www.idai.or.id/wp-content/uploads/2013/02/Kejang-Demam-Neurology-2012.pdf
Konsensus sindrom metabolik anak remaja
http://www.idai.or.id/downloads/sindrom%20metabolik%201901.pdf
Konsensus ISK anak
http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2013/12/Pustaka_Unpad_Konsensus_-Infeksi_-Saluran.pdf.pdf
Konsensus Sindrom Nefrotik Anak
http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2013/12/…

Dear dr Mirta Widia, MARS

Satu-satunya hal yang membuat saya menyesal berhenti bekerja ditempat itu adalah karena saya kehilangan sosok yang sudah saya anggap seperti ibu saya sendiri. Dimana saya tidak dapat merasakan lagi teduh tatap matanya, bijak nasehatnya...

Bisa saya rasa sayangnya beliau pada saya - maaf klo dokter bilang saya gede rasa. Tidak akan pernah saya lupa dok, Ketika saya menghadapi masa-masa sulit itu. Dokter orang pertama yang mau mendengarkan saya -bawahan dokter, dokter begitu berempati dengan saya, memberi solusi yang begitu menenangkan. Tatapan mata itu, sungguh dok, nisa kangen...

Seingat saya, beliau tidak pernah menghardik saya -bawahannya. Seberapapun saya membuatnya kesal dengan banyak kebodohan dan kelalaian saya. Beliau selalu mengajarkan bagaimana hal yang semestinya. Tidak pernah sekalipun saya mendengar beliau berkata buruk tentang sesuatu atau seseorang. Semuanya hal-hal baik. Sekalipun, beliau tidak pernah merendahkan saya. "Toleransi yang dokter berikan, membuat saya …

Poligami, Opick

Bicara soal poligami, Anda ingin poligami berhasil?

Islam memiliki rules maka ikuti petunjuknya maka kalian akan selamat membawa keluarga sakina mawadda warahmah dan Allah meridhai.

Bagaimana semua istri bisa menerima dengan iman, dengan kesungguhan poligami yang dilakukan sembunyi-sembunyi?

Bicara iman adalah bicara keyakinan.

Apakah dengan melakukan terbuka, Anda takut banyak yang menghalangi atau menasehati karena poligami mutlak harus dengan tujuan kebaikan.

Apakah Anda tidak yakin adanya kebaikan dalam pernikahan Anda sehingga dilakukan sembunyi-sembunyi?

Ingat, segala sesuatu yang dilakukan sembunyi-sembunyi itu bukan awal kebaikan.

Nabi mencintai segala hal perbuatan yang ma'ruf.

Datang dengan keadaan sudah menikah karena ketahuan dan istri harus menerima dengan iman?

Think. Awal kebaikankah yang ditanamkan ajaran kami tentang keimanan jangan ajarkan kami kebencian

bukankah ini menjebak istri yang tidak siap dengan hadirnya madu?

Menjebak? Ya, karena mau tidak mau istri ha…

Jangan Lupakan Faktor Pencetus, Dok !

dikutuk sumpah ga yaaaa bikin status begini. Apologize me before, but swear its adorable indeed !!!

"udah deh bu, percaya aja sama saya. Saya udah banyak banget nanganin pasien. Klo demam dan muntah begitu. Dia pasti usus buntu. Ibu tau kan letak usus buntu dimana ? Masih ingetkan pelajaran anatominya ? Saya mau appendicogram. Klo enggak di rumahsakit besar sih, bisa kok langsung dibedah aja tanpa pemeriksaan penunjang"

Iya-in aja deh walau ngilu ngebayangin surgery knife mendarat dibadan anak sekecil itu.  tenyata Alatnya rusak. Si anak di usg hasilnya "enggak gawat-gawat amat". Tapi beliau masih keukuh buat melakukan rekomendasinya setelah alatnya selesai diperbaiki. Hasilnya sama ! Abis itu masih keukeuh mau konsul ke Bedah.  Iyain aja deh, toh ditanggung asuransi. Tapi please konsul juga ke sub gastro donk *usul diterima*

Cuma emak-emak doangan seh. Yang idupnya enggak jauh dari sumur dapur kasur ama anak. Sama ilmu ? Hahaha dulu lupa, sekarang enggak inget. I…

29 November 2016 RS Paru Firdaus berubah menjadi RS Umum

Gambar
Kabar gembira !!!

Rumahsakit khusus paru Firdaus yang beralamat di Jln. Siak J 5/14 Komplek Bea Cukai,
Sukapura, Jakarta Utara Telpon : (021) 4407322 / 4400077 Fax : (021) 4400063
Telah berubah menjadi Rumah Sakit Umum Firdaus pada 29 November 2016

Mama Ku Pahlawan Ku

Mungkin, banyak anak yang memfavoritkan masakan mamanya. Tapi tidak dengan saya. Masakan mama kalah enak dibandingkan masakan alm emak yang sanggup membuat saya kecanduan. Mama saya juga tidak pandai mengurus rumah dan tidak memiliki kesabaran yang cukup untuk saya - anaknya yang paling rajin berargumen, bertanya dan membantah. Well, hubungan kami tidak selalu harmonis -saya akui. But, she is the best mom, ever...

Bowlset Dhaulagiri, Rekomendasi Bekalnya Pecinta Tantangan

Gambar
Tinggi dan berat badan saya boleh jadi hanya 163 cm / 49 kg saja. Tapi, saya termasuk orang yang sering merasa lapar. Efek buruknya, lapar membuat mood saya seketika menjadi buruk. Jadi, saya mengakalinya dengan membawa bekal kemanapun saya pergi. Bekalnya bisa macam-macam dari mulai makanan berat, cemilan atau buah. Tapi bekal minum menjadi suatu kewajiban. Selain tukang makan, saya juga tukang minum (air putih) hehehe...termasuk untuk aktifitas ke kantor.  Ternyata emang banyak manfaatnya dengan membawa bekal. Tidak hanya untuk anak kecil saja, namun demikian, untuk orang dewasa, seperti saya, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari membawa bekal tiap harinya ke kantor. Berikut ini, beberapa keuntungan yang saya dapat dari membawa bekal :

Spoonset Dhaulagiri : Mencegah penyakit yang ditularkan melalui pemakaian alat makan bersama

Gambar
Bagi pecinta jalan-jalan, wisata kuliner merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Ada kepuasan tersendiri saat menceritakan pengalaman jalan-jalan kita lengkap dengan pengalaman icip-icip. Biasanya, wisata kuliner dilakukan bersama teman seperjalanan. Makan bersama menjadi momentum keakraban. Arti makan bersama menurut saya adalah momen berharga di mana saya bisa saling berbagi kisah dan tawa. Selain itu, saya juga biasanya akan berbagi dan saling mencicipi makanan atau minuman masing-masing. Karena sudah akrab, tidak jarang saya  akan langsung menyesap minuman dari gelas teman. Atau jika makanan yang dipesan teman saya terlihat menarik, saya akan mencicip dengan sendok yang digunakan teman saya.

Bagi sebagian orang, berbagi alat makan dengan orang lain merupakan wujud persahabatan dan keakraban. Akan tetapi, saling pinjam peralatan makan seperti sendok, garpu, sedotan, atau botol minum ternyata berisiko menyebabkan penularan penyakit. Masalahnya, kadang orang yang mengidap penyakit…

Kuliner Gabus Wetan : Mie Ayam Wak Atam

Gambar
Klo lagi pulang kampung, buat saya dan para perantau lainnya seolah menjadi menu wajib buat makan mie ayam wak atam ini. Entah sejak kapan wak atam membuka lapak mie ayamnya, yang jelas, cita rasanya yang khas membuatnya menjadi legendaris :)

Wak atam membuka lapak mie ayamnya dari sore sampai malam hari di depan toko tachi di pasar gabus wetan. Harganya 10 ribu rupiah aja permangkuknya.

Jangan sampe kehabisan yaaaaa :)


*Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan mumudahkan semua urusan Wak Atam. Amin YRA

Nasib Perokok

Gambar
Pernyataan yang selalu muncul tiap kali saya menulis artikel tentang bahaya merokok antara lain:

"Asap kendaraan lebih berbahaya dari asap rokok".

Kata siapa? Mana dasarnya? Sudah pernah ada penelitiannya terkait hal ini. Sebuah mobil dibiarkan menyala selama 30 menit disebuah garasi yang ditutup rapat, dibandingkan dengan 3 buah rokok yang dibakar selama 30 menit diruangan yang sama. Hasilnya kualitas udara dari 3 puntung rokok 10x lebih buruk dibandingkan kualitas udara yang dihasilkan sebuah mobil yang dibiarkan menyala. Penelitiannya bisa dibaca di http://tobaccocontrol.bmj.com/content/13/3/219.full.pdf

Tapi itu ga bisa dibandingkan. Anda tidak langsung menghisap asap kendaraan kan?

"Bohong itu perokok banyak yang sakit dan mati muda. Kenyataannya kakek saya usianya sudah 70 tahun masih sehat walafiat."

Bahaya merokok untuk kesehatan tidak bisa dilihat kasus per kasus. Dampaknya harus dilihat dalam sebuah populasi. Dari 10 orang yang merokok, pasti ada 1-2 ora…