Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spoonset Dhaulagiri : Mencegah penyakit yang ditularkan melalui pemakaian alat makan bersama

Bagi pecinta jalan-jalan, wisata kuliner merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Ada kepuasan tersendiri saat menceritakan pengalaman jalan-jalan kita lengkap dengan pengalaman icip-icip. Biasanya, wisata kuliner dilakukan bersama teman seperjalanan. Makan bersama menjadi momentum keakraban. Arti makan bersama menurut saya adalah momen berharga di mana saya bisa saling berbagi kisah dan tawa. Selain itu, saya juga biasanya akan berbagi dan saling mencicipi makanan atau minuman masing-masing. Karena sudah akrab, tidak jarang saya  akan langsung menyesap minuman dari gelas teman. Atau jika makanan yang dipesan teman saya terlihat menarik, saya akan mencicip dengan sendok yang digunakan teman saya.

Bagi sebagian orang, berbagi alat makan dengan orang lain merupakan wujud persahabatan dan keakraban. Akan tetapi, saling pinjam peralatan makan seperti sendok, garpu, sedotan, atau botol minum ternyata berisiko menyebabkan penularan penyakit. Masalahnya, kadang orang yang mengidap penyakit menular itu sendiri belum menyadari bahwa dirinya terjangkit suatu penyakit karena gejalanya belum muncul. Untuk mencari tahu apa saja dampak yang ditimbulkan dari berbagi alat makan, baca terus penjelasannya berikut ini.

Bagaimana penyakit ditularkan melalui alat makan?

Berbagai jenis kuman, virus, dan bakteri penyebab penyakit menular hidup dalam ludah (saliva). Entah disadari atau tidak, ludah akan secara alami berpindah dari mulut ke alat-alat makan yang bersentuhan langsung dengan mulut, misalnya sendok, garpu, sumpit, dan bibir botol. Kuman, virus, dan bakteri yang terkandung di dalam ludah bisa bertahan hidup selama berjam-jam bahkan setelah terkontaminasi udara dan menyentuh alat-alat makan. Ketika Anda menggunakan alat-alat makan secara bergantian dengan orang lain, Anda berisiko terjangkit berbagai virus yang menempel pada alat makan tersebut.

Penyakit apa saja yang berisiko ditularkan lewat alat makan?

Memang tak semua penyakit menular disebarkan melalui saling pinjam alat makan. Namun, Anda harus mewaspadai beberapa jenis penyakit menular yang bisa berpindah lewat alat makan berikut ini karena risikonya bisa fatal.

1. Penyakit strep throat

Penyakit strep throat disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus yang terjadi di tenggorokan. Biasanya anak-anak berusia 5-15 tahun lebih rentan terserang penyakit ini, tapi tidak menutup kemungkinan orang dalam rentang usia berapa pun terjangkit step throat. Penyakit ini ditandai dengan sakit tenggorokan, demam, sakit perut, dan nyeri pada sendi serta otot.

2. Penyakit gondongan

Gondongan atau mumps adalah penyakit yang ditularkan lewat virus yang menyerang kelenjar parotid yang bertugas untuk memproduksi air liur. Orang yang terserang penyakit ini akan mengalami pembengkakan pada daerah pipi, rahang, dan leher yang disertai dengan demam tinggi, otot-otot terasa kaku, dan kehilangan selera makan. Biasanya gejala gondongan baru akan muncul 16 hingga 18 hari sejak infeksi terjadi. Jadi meskipun orang lain tampak sehat, Anda tak akan tahu penyakit dan virus apa yang bersarang dalam tubuh orang lain atau bahkan Anda sendiri.

3. Influenza

Influenza atau flu adalah gangguan pernapasan yang mudah tersebar lewat udara, alat-alat makan, dan barang-barang pribadi seperti handuk dan sikat gigi. Penularan yang terjadi lewat virus ini bisa terjadi kira-kira satu hari sebelum Anda menunjukkan gejala-gejala influenza. Gejalanya antara lain batuk, demam, pilek, dan sakit kepala.  

4. Radang selaput otak (meningitis)

Penyakit yang satu ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang mengakibatkan peradangan dan pembengkakan pada selaput meninges yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis bersifat serius dan bisa menyebabkan kematian. Penularan bakteri penyebab penyakit ini memang tidak semudah influenza, tetapi jika daya tahan tubuh Anda sedang kurang baik, Anda lebih berisiko terjangkit meningitis. Tanda-tanda yang ditunjukkan penderitanya antara lain mual, muntah-muntah, dan menjadi linglung.

5. Herpes oral (HSV)

Hati-hati jika Anda minum dari bibir botol atau sedotan yang sudah bersentuhan dengan mulut orang lain. Penyakit herpes yang juga dikenal sebagai herpes simplex virus (HSV) bisa ditularkan melalui luka atau sariawan yang terdapat di mulut, lidah, atau bibir seseorang. Jika luka ini bersentuhan dengan mulut botol atau sedotan yang Anda gunakan, Anda berisiko terjangkit penyakit ini pula. Gejala-gejala yang perlu Anda amati adalah rasa gatal atau terbakar pada area mulut, tenggorokan sakit ketika menelan, serta demam. Setelah itu kulit atau mulut yang terinfeksi akan tampak melepuh dan bernanah.

Eh, kok serem ???




Pemakaian alat makan bersama itu ternyata serius efeknya :(
Maka, saya membekali diri dengan Spoonset dari Dhaulgiri (http://www.dhaulagiri.id) . Set alat makan yang ringan dan praktis dibawa kemana-mana. Terdiri dari satu sendok, satu garpu dan sepasang sumpit.

Memakai spoonset Dhaulagiri merupakan wujud cinta saya terhadap diri sendiri. Sebelum saya mencintai orang lain.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan ?!

Posting Komentar untuk "Spoonset Dhaulagiri : Mencegah penyakit yang ditularkan melalui pemakaian alat makan bersama"