Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2017

Label Merah di UGD

Gambar
Aku bergidik ngeri.
Dalam jagaku pertama kali di IGD triase label merah (label gawat darurat), dalam semalam ada yang meninggal 4 pasien. Aku melakukan resusitasi jantung paru entah berapa kali siklus.

Lokasi Nyeri yang Biasanya di Rasakan Pasien Serangan Jantung

Gambar
Angina pectoris, lokasi nyeri yang biasanya dirasakan pasien

Romantika Ibu ASI

Gambar
Anakku, waktu kamu dengar ibu-ibu itu nge-gosip, bahwa mamamu gak modal, pingin ngirit dengan menyusui karena pelit gak mau beliin susu formula, kamu ingat ya, nak..

Bukan Sekedar Mengobati Patah Tulang

Gambar
Gambar dibawah ini adalah foto tangan kanan anak umur 5 tahun (gambar diambil dan diupload sudah seijin keluarga). 2 hari lalu jatuh kepeleset dan langsung dibawa ke sangkal putung untuk dipijat dan ditarik2. Kemarin anak tersebut datang ke UGD dibawa orang tuanya, dalam kondisi tangan membengkak, semua jari tidak bisa digerakkan. Anak tersebut mengalami "impending compartment syndrome", dimana otot, pembuluh darah dan saraf tangannya terjepit karena proses pembengkakan akibat tindakan pijat tsb. Anak ini masih sangat beruntung, karena saat ini cukup dilakukan observasi saja/belum ada rencana untuk dilakukan tindakan operasi. Namun, seandainya dalam masa observasi kondisi tangannya semakin memburuk, maka terpaksa dilakukan tindakan operasi untuk menurunkan peningkatan tekanan dalam ototnya. Ironisnya.. hasil foto rontgennya tidak menunjukkan adanya patah tulang. Dan seandainya dari awal datang ke saya, tidak perlu dilakukan tindakan apa2 selain kompres dingin dan anti nyeri …

Suntikan Yang Berbahaya Untuk Nyawa, Jika Salah Diberikan

Gambar
Belakangan ini terdapat beberapa kasus yang mencuat di dunia kesehatan. Kasus tersebut antara lain adanya malterapi (kesalahan pemberian terapi) oleh tenaga kesehatan bukan dokter dengan memberikan obat tidak sesuai dosis dan anjuran di mana efek samping obat tersebut dapat memberikan komplikasi yang tidak baik untuk diri pasien.

DRUG ALERT! List of drugs contraindicated (should avoide) during pregnancy.

Gambar
Those drugs that are contraindicated at a certain phase of the pregnancy are listed next to the drugs name.

Jangan salahkan Dokter Puskesmas!

Gambar
Sudah banyak yang dikerjakan oleh Dokter Indonesia, hal itu tidak bisa dinafikan. Dokter yang dimaksud disini adalah dokter di layanan primer. Mereka bertugas dan tinggal di tempat-tempat terpencil di ujung-ujung negara ini. Disudut-sudut Republik tercinta ini. Di kampung-kampung kumuh. Di pulau-pulau terpencil. Di batas-batas negeri ini.

7 Alasan Anak Harus Main di Luar, Bukan Main Gadget

Gambar

Kenapa Dokter di Ruang Operasi Pake Baju Hijau atau Biru? Ini Jawabannya!

Gambar
Bagi kalian yang pernah masuk ke ruang operasi, atau pernah dioperasi karena penyakit tertentu, apakah kalian pernah bertanya-tanya di dalam hati, kenapa, ya, para ahli bedah yang ada di dalam ruang operasi selalu menggunakan pakaian dokter yang berwarna hijau muda atau biru? Kalau kalian penasaran, HAI udah punya jawaban yang dikurasi dari situs Brightside, nih!
Jadi, cerita ini dimulai sejak tahun 1914. Sebelum tahun itu, memang para dokter menggunakan baju berwarna putih di ruang operasi, namun, terdapat seorang dokter yang memiliki andil besar di dunia medis dan menghentikan penggunaan baju putih di ruang operasi. Alasannya?

Daftar Menu dengan Kadar Kolestrol Tinggi

Gambar
Daftar Menu dgn kadar Kolesterol, Hati-hati atherosclerosis and high LDL

GPS'ian

Gambar
GPS'ian Thing *sekolah Mas*
Setiap hari siswa wajib membawa buku Agenda. Dimana menjelang pulang sekolah siswa dan guru wajib menulis di halaman agendanya. Isinya tentang evaluasi siswa dihari tsb. Orang tua wajib membaca dan menandatanganinya setiap hari juga. Di dalam Agenda ini juga, Siswa wajib mengisi hal-hal baik apa saja yang sudah dilakukan untuk orang lain (sesuai misi GPS) dan hal-hal lain menyangkut agama kepercayaannya. Ngomongin agama, semua siswa mendapat pelajaran agama sesuai kepercayaannya. Yaaa walaupun pelajaranAgamanya cuma 1,5 jam dan sesuai kurikulum DikNas. Mas bilang, dikelasnya laki-laki yang muslim hanya 4 orang.

Anak-anak Pengamen

Konyol tuh gini...
Sambil nunggu anak selesai kumon, makan bakso dipinggir jalan. Makan dipinggir jalan itu-menurut saya, murah dan rasanya lebih enak daripada makan di restoran. Urusan rasa ini yg bikin bandel menerobos alarm higienis. Selain itu, Resiko makan di pinggir jalan adalah harus berhadapan sama pengamen yg datang silih berganti. Kasi senyum manis sambil membentangkan lima jari dan bilang maaf adalah hal yang biasa dilakukan. Tapi rasa iba acapkali bergelayut di dalam hati saat pengamennya seusia anak ku. Kurus, dekil dan mengiba :(

Gendut Sarang Penyakit

Gambar
Obesitas adalah faktor risiko munculnya penyakit diabetes, hipertensi, jantung koroner dan gagal jantung di usia masih sangat muda yakni 27 tahun. Jaga berat badan ideal, pola hidup sehat, olahraga, hindari makanan instan, junkfood, berlemak, dan tidak merokok

Rokok Elektrik TIDAK Efektif membantu berhenti merokok

Gambar

Kolelitiasis (Batu Empedu)

Gambar
Kolelitiasis atau biasa disebut batu empedu merupakan endapan satu atau lebih komponen empedu yaitu kolesterol, bilirubin, garam empedu, kalsium, protein, asam lemak, dan fosfolipid.

The Ugly Duckling

Mummy Duck lived on a farm. In her nest, she had five little eggs and one big egg. One day, the five little eggs started to crack. Tap, tap and tap! Five preety, yelow baby duckling came out. Than the big eggs started to crack. Bang, bang, bang! One big, uglu ducling came out.

Imam Wahyudi

Gambar
Namanya Imam Wahyudi, seorang Pemuda kelahiran 13 September 1978. Berasal dari Desa Tanah Bawah di Bangka.  Tidak banyak Sarjana yang memutuskan pulang ke Desa setelah menimba ilmu di tanah rantau. Tapi Pemuda hitam manis yang fasih berbicara dalam dua bahasa ; Arab dan Inggris ini melakukannya. Dia bertekad membangun Tanah kelahirannya dengan ilmu yang dia dapatkan di tanah sebrang. 

Pengalaman Membuat SKCK

Gambar
Hari ini Saya membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) di Polres Bekasi Kota. SKCK banyak digunakan sebagai salah satu persyaratan melamar pekerjaan baik di sektor pemerintahan maupun swasta, melanjutkan pendidikan, pembuatan visa dsb.

Berikut ini syarat-syarat yang wajib disiapkan sebelum mengurus SKCK ;

Berdoalah dengan Kalimat Mu

Gambar
"Mama datanglah ke sekolah mas hari ini. Mas akan persembahkan medali buat Mama" Kata mas tadi pagi