Pengalaman menjalani proses Adabtasi Dokter Lulusan Luar Negri untuk bisa berpraktek di Indonesia

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari kuliah di Rusia bisa jadi solusi yang Nis tulis 4 tahun yang lalu, dengan narasumber yang sama. 

Setelah lulus kuliah kedokteran di Luar negri, tidak bisa langsung berpraktek di Indonesia. para dokter harus mengikuti proses adabtasi. proses adabtasi kurang lebih seperti mengulang co-aast. 

Dokter harus mendaftar lagi di Universitas Negri. waktu tunggunya paling sebentar 6 bulan dan paling lama 2 tahun. proses mengulang co-asst pada tiap universitas juga berbeda-beda. salah satu dokter lulusan luar negri bercerita bahwa dia mengikuti co-asst di salah satu univ negeri di jakarta, kurang lebih 1 tahun, karena puteran stase dibarengkan dengan CoAss mereka. Adapun RS yang dijadikan state adalah : di Persahabatan, Fatmawati, Tangerang, Suliati saroso pun pernah

Proses adabtasi ini membutuhkan biaya sekitar 10 juta/persemester. 
Suka dukanya tentu ada. sukanya, banyak teman baru baik yang dberasal ari kedokteran lokal maupun sesama adaptasi, ada ilmu-ilmu baru yang mana belum tentu kita temui kasusnya di masa perkuliahan di luar negri. Dukanya, kadang-kadang ada yang tidak suka dengan gelar lulusan luar, selalu dibanding-bandingkan dangan mahasiswanya sendiri :( beda pelajarannya, sih enggak, cuman sistem pendidikannya yang agak beda.

Selesai adabtasi, masih harus mengikuti UKDI yang diadakan oleh IDI, untuk jadwal UKDI harus rajin-rajin tanya ke IDI, Dokter adabtasi tidak bisa ikut UKMPPD, karena dianggap bukan mahasiswa ditempat kita beradaptasi, jadi sambil nunggu UKDI ya coba-coba peruntungan melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan swasta yang butuh tenaga medis yang tidak perlu STR, sekedar untuk bertahan hidup. 

Setelah lulus UKDI, baru dapat STR iship.  Tidak otomatis lulus loh UKDI ini. berapa lamanya tergantung orang beda-beda. ada yang sekali ujian lolos ada yang berkali-kali juga. ada yang sampai 3x baru lulus. 

STR definitif akan didapat setelah menjalani internship selama 1 tahun, tapi engak langsung keluar sih kurang lebih 3-4 bulan selesai internship. Kalau tahap selesai internship sama seperti lulusan dalam negeri sih langkah-langkahnya

Narasumber saat ini bekerja di sebuah Rumah Sakit Swasta di Madiun. Dia berencana PPDS untuk mengambil spesialis jantung atau obgyn di Indonesia, tanpa perlu ke LN lagi...mengingat persaingannya yang ketat, mungkin klo di indonesia tidak diterima ya mau engak mau harus for good ke LN lagi😁

Seperti yang dituturkan dr. Adit Dokter alumni Universitas North-Western State Medical University N. A. I. I. Mechnikov

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Percobaan Telur Melayang di Air Garam

Pengalaman Kursus Matematika Kumon