Biaya masuk SMPK BPK Penabur Harapan Indah

Sulung ku yang lahir 16 Januari 2005 udah lulus SD. Dan sebentar lagi SMP. Aku memberikan beberapa  pilihan SMP, salah satunya Penabur. Kenapa Penabur ?


Saya pernah menjadi siswa Penabur saat Sekolah Menengah Atas. Saya merasa bersyukur pernah menjadi bagian dari Penabur. Sekolah itu mengajarkan disiplin yang tinggi, bersaing secara sehat, pruralisme dan kasih. Sedikit banyak sekolah kristen itu membentuk kepribadian saya. Dulu, sekolah ini adalah sekolah pilihan saya sendiri setelah lulus SMP.  Dan saya melakukan hal yang sama, memberi tanggung jawab kepada si sulung untuk memilih pilihan hidupnya. 

Setelah berkeliling ke beberapa sekolah negri, swasta, sekolah islam, boarding school dan sekolah internasional, akhirnya sulung memutuskan untuk masuk SMPK BPK Penabur Harapan Indah yang jaraknya kira-kira 8 km dari rumah. Sebenarnya ada Penabur yang lebih dekat dari rumah, sayangnya, belum terakreditasi karena baru diberdiri beberapa tahun lalu. Kami memilih sekolah ini, bukan karena tidak ada sekolah islam yang bagus atau saya tidak peduli dengan iman islam anak. Bukan. Saya ingin mulai mengajarkan toleransi dan plruralisme. Salahkan saya yang lebih menanamkan pendidikan mengenai hak dan kewajiban sebagai manusia. Kepada sesama dan pada Tuhannya.

Baca juga Islam, Kok Sekolahnya di Sekolah Kristen sih ?
SMPK BPK Penabur Harapan Indah lumayan kedengeran prestasinya. Konon munurut mbak google, sekolah ini NEM nya lebih tinggi dari sekolah negri di Bekasi pada beberapa tahun terakhir. Gedungnya juga bagus, menggunakan teknologi terkini, memiliki koleksi buku yang lengkap untuk ukuran SMP, kredibilitas gurunya terukur dengan baik dan Penabur adalah lembaga pendidikan ternama yang berpengalaman sejak tahun 60 an. Konon, Pemilik Kalbe Farma-dr. Boen Setiawan adalah salah satu Alumninya. Dan setelah survey ke beberapa sekolah swasta,  yang punya sarana dan pra sarana sebaik ini rata-rata uang masuk dan spp nya diatas Penabur. 

Banyak kontroversi yang hadir. Kami keluarga muslim dan sulung alumni sekolah islam terkemuka di Bekasi. Semua orang bertanya. Termasuk wali kelasnya di SD. Tapi saya bilang, begitulah hidup. Kita mau buat apapun, orang pasti akan bereaksi. Itu hak mereka. Kamu mau ganti pilihan kamu  atau mengikuti logika dan hati. Sulung bilang tetep mau di Penabur walau konsekuensinya harus ikut belajar ajaran nasrani. 
Beragam reaksi itu, ada yang disampaikan dengan baik atau disampaikan secara frontal. Saya ajarkan sulung menghadapi perbedaan pendapat dan tetap bersikap santun. Yang mau sekolah kamu, yang bayar mama, yang ngomongin orang. Ya sudahlah, ambil positif nya, mereka perhatian dan sayang sama kita. 

Untuk bisa masuk SMPK BPK Penabur, Pertama-tama di akhir September Saya menghubungi sekolahnya di nomor  021 29477550, setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, Kami beli formulir seharga 350 ribu. Disana dijelaskan kapan harus mengembalikan formulir, kapan jadwal tes masuknya dan apa saja yang harus dipersiapkan. Ujian saringan masuk yang terdiri dari IPA, Matematika dan Bahasa Inggris. Sebenarnya, kalau ketiga nilai diatas diatas 7,5 selama kelas 5, bisa masuk tanpa tes. Tes ini akan menentukan nominal uang masuk. Grade A uang masukny 15 juta, Grade B 16,8 juta dan Grade C 18, 8 juta. Sedangkan SPP nya perbulan 1.550.000. Yang dibayarkan pada bulan Agustus. Bukan bulan Juli seperti kebanyakan sekolah swasta.



Setelah dinyatakan lulus test, Menurut aturannya, uang masuk hanya bisa di bayarkan 1x melalui transfer ke rekening BCA BPK Penabur. Tapi jika dirasa keberatan, bisa menyampaikannya kepada Kepala Sekolah. 

Selanjutnya, pada bulan April harus menyelesaikan uang seragam. Nominalny tergantung banyaknya item yang dibeli. Pembayaranny melalui transfer ke BCA 



Di bulan Juni harus menyelesaikan pembayaran uang buku, melalui transfer ke BCA. Kurang lebih jumlahnya 1.100.000


 

Formulir pemesanan berikut bukti transfernya harus disimpan dan serahkan saat pengambilan buku/ baju ketika masuk sekolah. 
Pada Bulan Juli, siswa wajib menyelesaikan uang kegiatan selama satu tahun yang jumlahnya sekitar 2 juta.

 

Tahun ini, Tahun ajaran baru akan dimulai tanggal 20 Juli 2016. Satu minggu pertama sekolah wajib mengikuti OSPEK dengan memakai seragam asal sekolah. 

OK dear Parents, silahkan jumlahkan sendiri ya berapa jumlah nominal uang yng haris disiapkan untuk masuk ke SMPK BPK Penabur Harapan Indah...

4 Komentar

Kuro Neko mengatakan…
Keren ya sekolahnya. Salut juga sama keluarganya hehe.
Nanisa Indra mengatakan…
Terimakasih bu Zahrah. Iya, anak saya sudah kelas 8 sekarang. terasa sekali manfaatnya :)
swwmutiara mengatakan…
Toleransi dan pengenalan pruralisme sejak dini, thumbs up buat Kak Nis 👍👍👍
Unknown mengatakan…
mba mau nanya, uang panggkal yang 15 an juta itu dibayarkanndi bulan dan tahun yang sama setelah test masuk atau di bulan juli , tahun berikutnya setelah anak masuk ?