Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman di tilang elektronik



Tanggal 10 Febuari 2021, ada bell berbunyi di rumah kami. Pak pos mengantar surat yang isinya Tilang elektronik. Dalam surat tsb, dilampirkan juga gambar dari rekaman cctv yang menjadi bukti pelanggarannya, lengkap dengan tempat kejadian perkara, waktunya dan perintah serta langkah-langkah apa yang harus dilakukan. 

Terus, dari mana polisi bisa dapat alamat kita ? Dari STNK yang terdaftar. nah, klo jual mobil, kudu buru-buru tuh balik nama daripada ribet disuratin atas bukti pelanggaran yang tidak kita lakukan.

Mobil honda jazz yang biasa dikendarai Papinya Hanim melaju saat lampu sudah kuning di bilangan Rawamangun. Klo dilihat dari waktu kejadiannya, itu terjadi Sabtu pagi yang hecktik, saat buru-buru mau praktek. Duh, maaf ya pak polisi πŸ˜”

Saat menerima surat ini, Kami kaget sekaligus senang. Kepolisan Indonesia sudah maju sekarang. Rasa-rasa luar negri gitu 😜 Semoga tingkat kepatuhan dan disiplin juga turut serta menjadi baik. Dengan begini, Uang denda bisa masuk langsung ke kas negara. 

Ada dua cara menyelesaikan masalah ini. Datang membawa blanko surat tilang ke ETLE Subdit Gakkum Ditlantas Pold Metro Jaya di MT. Haryono Tebet Jakarta Selatan atau scan barkot yang juga tertera dalam surat tsb. Kami memutuskan untuk memakai teknologi, mengingat pandemi. Lalu muncul form yang harus diisi, setelah konfirmasi, dapat email seperti ini :



Dan SMS seperti ini ;




Kami membayar melalui transfer menggunakan mobile banking BCA dengan memasukan Bank BRI dan nomor Briba tilang yang sebenarnya adaah nomor VA BRI. Setelah bayar, otomatis akan dapat email lagi. Seperti ini :



Selesai. 

Udah gitu doank ? Yup ! Enggak perlu ribet sidang dan keluar rumah πŸ™‚πŸ‘apresiasi banget deh sama kinerja POLRI yang memanfaatkan teknologi dengan semaksimal mungkin. 

Jangan, jangan pernah dicuekin surat tilang begini. Setelah 8 hari tanpa konfirmasi, STNK akan diblokir by sistem yang akan menyulitkan kita saat perpanjang pajak dan bayar pajaknya akan jadi lebih mahal juga ☹️

Jadi, sebagai warga negara yang baik...sebaiknya berani bertanggung jawab atas kesalahan yang sudah kita lakukan. Berintegritas = bermartabat 😍

Tetap hati-hati berkendara, laksanakan protokol kesehatan dan patuhi aturan lalu lintas. 

Bekasi, menjelang tengah malam
13 Feb 2021

Posting Komentar untuk "Pengalaman di tilang elektronik"

Berlangganan via Email