Hati-hati dengan ADHA JAYA FURNITURE - Cirebon



Saya punya rumah baru di Indramayu. Saya berniat mengisi furniture. Setelah melihat koleksinya via website Adha Jaya Furniture dan mencari via google,  saya menemukan Adha Jaya Furniture di Cirebon dengan nilai yang baik dan koleksi yang menarik. Adha juga memiliki toko online di Shoppe maupun Tokopedia.



Awal April, Saya mulai menghubungi Adha Jaya Furniture melalui nomor telpon
 081222282776 / 081222567472 yang tertera di Google. Saya berhubungan dengan Pak Toto Surahman. Pertimbangan saya,  Cirebon-Indramayu tidaklah jauh. kemudian diakhir April,  Saya menerima kunjungan Pak Toto beserta istrinya dikediaman saya di Indramayu. Penampilan mereka islami dan santun.

Setelah melakukan pengukuran,  lalu kami bernegosiasi perihal harga. Saya meminta pembayaran dilakukan secara bertahap (total pesanan saya seharga 57.900.000, dan akan dibayar sebanyak 4x) dan pengiriman barang disepakati 1 Juni 2019. 4 hari menjelang Idul fitri. Pak Toto dan istrinya menjamin tidak akan ada masalah pengiriman maupun instalasi.



Saya percaya. Transaksi itu, dimulai dengan pembayaran via transfer tanggal 22 April 2019 dari BCA saya Ke BCA An Toto Surahman 3740672281 sebanyak 3.000.000


Pembayaran kedua saya bayar via transfer 6 Mai 2019 sebanyak 20.000.000



Pembayaran ketiga saya bayar via transfer 31 Mai 2019 sebanyak 20.000.000


Setelah dia terima uang saya sebanyak 43.000.000, pada waktu yang dijanjikan untuk pengiriman yaitu tanggal 1 Juni,  Saya wa enggak di jawab,  Saya telpon enggak diangkat.


Tanggal 10 Juni,  Pak Toto / istrinya baru menghubungi saya. Saat itulah mulai dinyanyikan alasan-alasan merdu berikut janji-janji manis mengenai pengiriman pesanan saya. sampai pada tahap ini, saya berhenti mengirimkan uang transferan yang keempat (untuk gazebo).


Alasan-alasan


Saya sempat melapor ke Call Center BCA mengenai penipuan online ini. BCA meminta saya menyerahkan sejumlah berkas via email (salah satunya laporan kepolisian). dan berjanji akan membantu memblokir rekening Toto Surahman. 




Permohonan Adha Jaya untuk saya membuka blokir rekening BCA nya. Saya masih sabar. karena tidak kunjung ada surat laporan Polisi, maka BCA tidak bisa memperpanjang blokirnya ke Rekening BCA Toto Surahman.


45 hari sejak 1 Juni, Saya membuat laporan Penipuan Online ke Polres Bekasi Kota. Saya rasa, cukup saya menunggu.


21 Juli, Saudara saya di Indramayu mengabarkan kalau Adha Jaya mengirimkan semua pesanan saya. Instalasi dilakukan sebanyak 2 kali pada tanggal 21 Juli dan 24 Juli. itupun, masih ada barang yang tertinggal berupa handle kitchenset. Pak Toto kemudian mengirimkannya via JNE. 


Kemudian Saya membuat surat pencabutan ke Polisi pada tanggal 26 Juli 2019


Saya juga mengirimkan surat ke BCA via email mengenai permohonan pencabutan blokir rekening BCA Toto Surahman. Saya lampirkan surat pencabutan laporan dari Kepolisian. namun, BCA meminta saya untuk melampirkan KTP dan surat permohonan pencabutan blokir rekening dengan materai.

Semua butuh proses. yang jelas, saya sudah menunjukan itikad baik. saya sudah mendapatkan semua pesanan saya. sekarang proses tergantung BCA.  butuh waktukan ?


Bukannya meminta maaf atas keterlambatan dan mengambil pelajaran, Adha Jaya Furniture / Toto Surahman merasa punya power setelah memenuhi kewajibannya terhadap saya. saya pikir, orang yang terbiasa menyepelekan waktu/ janji dengan orang lain, ga akan kenapa-kenapa klo dirinya merasakan hal yang sama.


Setelah dihitung-hitung,  saya masih memiliki hutang sekitar 4 jutaan.  hutang itu,  terkait pesanan gorden yang saya pesan belakangan. Saya merasa,  orang seperti Adha Jaya Furniture / Toto Surahman ini harus diberikan pelajaran. Saya memutuskan untuk menggantung pembayaran sisa 4 jutaan ini. Saya bilang,  tunggu setelah 50 hari baru saya akan bayar. Bukan,  bukan saya enggak punya uang. Saya ingin dia merasa dan mengambil pelajaran bahwa dipelakukan begitu sangatlah tidak enak. Lalu saya memblok semua kontaknya. Hahaha,  menjelang hari ke 30 istrinya meneror saya dan suami via inbox facebook. Bilang saya lari,  menyumpahi kendungan saya,  bilang saya orang kaya sombong...gpp mbak,  sesukamu aja...pasal pencemaran nama baik ganjarannya mendekam di penjara loooh... 

Diawal, kenapa saya bisa memutuskan untuk bekerjasama/ percaya dengan Adha Jaya Furniture / Toto Surahman, karena saya membaca ulasan di Google. nilainya bagus. tapi setelah saya teliti, dari 17 nilai dari publik yang diberikan, yang real dari konsumen hanya dua. milik saya dan Yanti Prasetya, yang mana baik saya maupun Yanti mengeluhkan hal yang sama.



Dengan tulisan ini, saya tidak bermaksud menjelekan atau menutup pintu rezeki orang lain. Saya hanya membagi pengalaman kekecewaan saya sebagai konsumen yang bingung. Saya merasa bodoh sekali. mentransfer uang puluhan juta rupiah kepada orang yang hanya satu kali saya temui dan hanya berbekal ulasan di Google (yang mana sebagian besar ulasan itu memuji usaha/ dirinya sendiri). Saya tidak mau ada saya-saya atau Yanti-yanti yang lain. 

Semoga kasus ini bisa jadi pelajaran buat pembaca, buat saya, buat calon konsumen dan buat Adha Jaya Furniture / Toto Surahman. bahwa kepercayaan itu sangat penting di dalam dunia usaha. namanya manusia, yang di pegang ya ucapannya. kalau monyet, yang dipegang lehernya.

Bekasi, 3 Agustus 2019

Update 1 okt 2019


Lunas. Ahhh nikmatnya pembalasan... 






1 Komentar

Bunga mengatakan…
Hi saya juga baru di tipu oleh mereka apakah Ibu ada alamat rumah mereka atau pabrik mereka. Pabrik di google map sudah di tutup.