Dok, Bolehkah Saya Mutihin Kulit dengan Suntik Vitamin C ?

"Dok apa boleh saya disuntik Vit C?" tanya seorang pasien perempuan. Usianya masih sekitar 40 tahunan.


"Untuk apa bu?"


"Biar kulit menjadi semakin cerah dan putih dok." Jawabnya


"Ngga usah disuntik Vit C segala bu. Ibu kulit udah putih gitu. Kalau mau lebih putih tinggal tambah bedak aja bu."


"Apa bahaya dok? Soalnya teman-teman saya sudah coba katanya bagus buat kulit."


"Segala sesuatu yang berlebihan itu ngga bagus bu. Vitamin C memang antioksidan yang baik dan katanya bagus buat kulit, tapi akan pada akhirnya akan diolah dan dibuang ginjal sebagai kalsium oksalat. Kalau jumlahnya banyak, kalsium oksalat bisa mengendap jadi batu dan merusak ginjal. Sudah pernah ada kasusnya bu, pasien gagal ginjal dan meninggal. Saran saya kalau mau kulitnya lebih cerah, olah raga yang rajin dan teratur saja bu."


... (terdiam)


"Serius dok ada yang meninggal gara-gara suntik Vit C?"


"Ya serius lah, masa saya bohong."


---


 


Kasusnya pernah dibahas di sebuah jurnal kedokteran. Bisa dibaca disini: https://academic.oup.com/ckj/article/7/2/218/450726/Acute-oxalate-nephropathy-induced-by-oral-high


Intinya seorang wanita 59 tahun, terdiagnosis kanker, beliau seharusnya menjalani kemoterapi dan radioterapi tapi menolak. Malahan memilih berobat alternatif dan diberi Vit C dosis tinggi (4 gram selama 30 hari). 2 bulan kemudian ternyata pasiennya mengalami gagal ginjal akut. Pada pemeriksaan lanjutan seakan tidak ditemukan ada sumbatan di ginjal, tapi setelah ginjalnya dibiopsi ternyata ketahuan ginjalnya terisi penuh kalsium oksalat. Pasien akhirnya tidak tertolong.


Vit C memang banyak manfaatnya. Tapi semakin banyak dikonsumsi, efek sampingnya juga otomatis semakin banyak. 


Vit C yang anda butuhkan hanya 65-90 mg/hari, dan ini bisa terpenuhi dengan konsumsi 1-2 buah jeruk/hari. Yang alami saja, dimakan dengan serat-nya sehingga bagus juga untuk pencernaan. 



By : dr. Erta priadi wirawijaya Sp.JP 

0 Komentar