Pengalaman Menggunakan Aplikasi tukang.com

Kami membeli rumah bekas sekitar tahun 2010 dari keempat kakak beradik yatim piatu sejak mereka kecil. Bisa dibilang, Kami membeli rumah ini dengan harga di bawah pasaran. Beruntungnya kami, rumah ini baru di bangun kembali tahun 2007. Secara lokasi, rumah ini sangat strategis karena terletak di jantung kota Bekasi.

5 tahun menempati, rumah ini mulai rewel. Ada-ada saja yang minta diperbaiki. Ya atap yang bocor, merembet ke plafon, tembok, gerbang, engsel-engsel kunci. Huft...dan yang namanya memperbaiki rumah selain butuh uang yang enggak sedikit juga butuh partner tukang yang handal serta jujur. Nah, ini yang susah!


Untuk Kaum Urban yang sehari-hari waktunya habis untuk  bekerja, kenal sama tetangga aja udah sukur. Apalagi model-model saya yang seumur hidup enggak pernah belajar tentang dunia pertukangan. Menghadapi rumah rewel itu, stres! Tanya sana sini tentang kenalan tukang, ndilalahnya semuanya sedang punya pekerjaan :( 

Akhirnya saya mencari solusi via media online. Saya menemukan Aplikasi Tukang.com Aplikasi yang bisa di unduh dari Android maupun Appstore. Pengalamannya saya, kalau pesan dari Android lebih "ramah". Misalnya, kode promo otomatis muncul. Tapi tidak demikian dengan Appstore. Semoga kedepannya IT  Tukang.com  lebih canggih lagi ya...

 

Pertama-tama, Saya memesan Tukang AC untuk membersihkan AC dirumah. Ngetes ceritanya. AC saya masih belum jatuh tempo untuk dibersihkan (biasanya tiap 3 bulan). Tapi menurut Tukangnya, AC kotor sekali sehingga menghambat kerja mesin. Saya lihat betul kotornya Air cucinya. Biasanya, setiap saya memanggil tukang AC langganan selalu saja disertai pengisian vreon. Jadi ongkos membersihkan 100 ditambah isi freon 150. Totalnya 250. Tapi dengan Mas Rudi (+62 878 82501013) dari Global Teknik, Saya hanya perlu mengeluarkan uang 100 ribu. Kerjanya rapi dan jujur. 

Yang Kedua Saya memesan Tukang Atap. Saya memesan tukang atap sampai 2x dan keduanya tidak bagus. Tukang yang pertama menyarankan saya untuk mengganti seluruh atap karena sudah lama dan atap bermasalah dengan kemiringan. Dia menyarankan dengan kerja borongan dan harus menyediakan uang kurang lebih 20 juta. Jika tidak, percuma saja diperbaiki. Sepasang tukang ini tetap bekerja tapi tidak maksimal. Karena Rumah saya tetap bocor, maka saya pesan tukang atap yang kedua. Hasilnya sama saja. Garansi yang diberikan memang satu minggu dari tukang.com. Tapi, tukang-tukang ini tidak merespon telpon, sms dan WA saya. Saya berusaha berpikir positif aja. Mungkin HP nya idup tapi orangnya mati. Ooops! 

 

 

Yang ketiga, saya memesan tukang kusen. Untuk memperbaiki engsel-engsel pintu dan lemari yang rusak. Saya berkenalan dengan Mas Wira (+62 877 76610582) dari HK Art Interior. Lelaki asal Jogjakarta ini kerjanya bagus, ramah, sopan dan bersih (dia tidak keberatan membersihkan rumah saya yang berantakan setelah dia menganti plafon rumah. Ini diluar jam kerja loh. dan dia tidak hitung). Saya juga minta tolong mengerjakan pekerjaan di luar yang saya tulis di apps, dia mau. Kebetulan kran di kamar mandi bocor. HK Art Interior ini juga dapat mengerjakan Listrik, Plafon dan Atap Rumah. Jadi, Enggak heran deh klo Saya bolak balik order deh. Nah, dibawah ini adalah orderan saya selanjutannya bersama HK Art Interior ;

 

Kalau berminat memakai tenaga harian   Harus order minimal 3 jam sebelum pengerjaan. Jasanya 100 ribu sekali panggil untuk segala jenis tukang. Selama masa promosi aja deh kayaknya. Enggak tau sampe kapan periode promonya. 

Jasa 100 ribu itu untuk masa kerja 6 jam. Misalnya di jadwal, Mas Wira dari HK Art Interior harus datang jam 9. Tapi biasanya jam 8 sudah dirumah untuk melihat apa yang akan dikerjakan dan mulai membuat perencanaan kerja. Dia  memberi tau saya perihal apa saja yang dibutuhkan serta memberi saran perihal bahan yang akan dipakai dan apa yang akan dilakukannya dengan masalah yang ada. Jadi pemilik rumah juga dilibatkan. Karena keterbatasan pengetahuan saya, maka saya memilih mempercayakannya berbelanja barang yang dibutuhkan ke toko material. Jadi Saya tidak perlu repot-repot. tinggal ganti uang yang sesuai di nota pembelian aja.
 
Biasanya, Jam 12-13 saya mempersilahkan tukang-tukang beristirahat. Saya menyediakan air putih, teh/kopi dan makan siang. Jika setelah 6 jam pekerjaan belum selesai, maka dapat dilanjutkan lagi dengan biaya tambahan 50 ribu rupiah/ jam atau order lagi untuk pengerjaan keesokan harinya. Saat order, jika ingin mendapatkan tukang yang sama, mohon tulis nama vendor yang sama / yang di kehendaki di kolom catatan. 

Terimakasih Tukang.com 
Aplikasi yang menyediakan tukang-tukang handal dan jujur yang membantu memperbaiki rumah dimasa kini :)

Semoga Bermanfaat

Bekasi, 4 Januari 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kursus Matematika Kumon