FG Troces itu Antibiotik loh....

Troches = ANTIBIOTIK

Ada yang pernah makan obat FG TROCHES???
Bentuknya mirip permen polo, bulet tapi tengahnya bolong. warnanya pink, rasanya manis dan enak.

Obat ini untuk meredakan radang tenggorokan, atau kadang jika tenggorokan terasa tidak enak, minum 1 butir obat ini langsung berasa enakan. Dijual bebas di apotik-apotik dan tanpa resep dokter. 

Nah, ternyata FG troches ini adalah antibiotik, tahu kan jika minum antibiotik itu ada aturannya, tidak bisa sembarangan.


 

Berikut ini fakta tentang FG troches;

1. Taukah Anda, FG Troches itu mengandung 2 jenis antibiotik, dimana singkatan kedua AB tersebut digunakan sebagai nama dagang obatnya, yaitu

2. F untuk antibiotik Fradiomycin sulfate, kandungannya 2,5 mg. G untuk Gramicidin-S HCl, kandungannya 1 mg.

3. Kita bahas satu-satu ya. Fradiomycin dulu.Fradiomycin sulfate disebut juga Neomycin Sulfate,mrp AB golongan aminoglikosida.

4. Bersifat bakterisidal (membunuh bakteri) dengan menghambat sintesa protein yang diperlukan bakteri untuk tumbuh.

5. Aktif hambat bakteri gram negatif e.g pseudomonas, acinetobacter & enterobacter 

6. Fradiomycin tidak bisa menghambat bakteri anaerob, jamur dan VIRUS

7. Fadiomycin sangat sedikit diabsorpsi di saluran cerna, bekerja lokal di tempat infeksi. Meski demikian, absorpsi sistemik dapat terjadi.

8.Absorpsi sistemik ini yang dapat berbahaya karena Fradiomycin (juga aminoglikosida lainnya) adalah AB yang bersifat NEUROTOKSIK (include OTOTOKSIK)& NEFROTOKSIK.

9. Neurotoksik : merusak saraf. Ototoksik: merusak pendengaran. Nefrotoksik: merusak ginjal.

10. Absorpsi sistemik bisa terjadi pada penggunaan jangka panjang, sering, sembarangan & tergantung kondisi organ yang terkait efek toksiknya.

11.Karena berpotensi sebabkan efek samping yang serius pada nursing infant,AB aminoglikosida (termasuk Fradiomycin) sebaiknya tidak digunakan pada Ibu menyusui 

12. Sedangkan Gramicidin S (AB yang kedua) adalah antibiotik yang berifat lokal, aktif melawan bakteri gram positif, negatif dan jamur.

13.FG Troches diindikasikan untuk infeksi gingivitis,stomatitis,faringitis,bronchitis, dll yang disebabkan bakteri Staphylococci & Streptococci

14. Radang tenggorokan kebanyakan disebabkan oleh virus, karenanya penggunaan FG Troches TIDAK RASIONAL.

15. Penggunaan FG Troches rasional jika radang tenggorokan disebabkan infeksi bakteri. Perlu pemeriksaan fisik & diagnosa yang tepat. Dan untuk ini Anda perlu PERIKSA KE DOKTER

16. FG Troches termasuk obat keras (logo K) & tidak termasuk obat wajib apotek (OWA) sehingga seharusnya tidak dijual bebas tanpa resep.

Mari gunakan FG Troches dengan tepat. 
Tepat diagnosa & tepat obat adalah bagian dari rational use of medicine (RUM).

Courtesy @ratihwulansari

Semoga bermanfaat 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kursus Matematika Kumon