Pruralis


Setelah perkenalan singkat kemudian wawancara. Isi wawancaranya sebagian yang saya ingat, saya tuliskan disini. Oh iya, wawancara ini adalah pengembangan dari isi essay yang dikirim sebagai syarat administratif sebelumnya. Kebetulan, sulung mengambil tema Kehidupan multikultur.

-Menurut kamu, Bully itu apa ?

Bully adalah kekerasan fisik atau kalimat dari teman sebaya disekolah maupun dirumah

- Kamu pernah di bully ?
Pernah. Karena kulit ku gelap. 

- Apa yang kamu lakukan ?
Bilang Bu guru atau orang tua

- Klo yang di bully agama mu gimana ?
Ya, saya tau mungkin itu akan terjadi karena saya minoritas. Tapi sejauh ini, semua orang di sekolah menghormati saya. Bahkan mereka mengingatkan saya untuk shalat kalo waktu solat. 

- Apa yang akan kamu lakukan klo agama mu yang dibully?
Saya akan berikan senyum yang paling manis. Karena melawan ituuuuuuuuuuu bodoh

-Enggak mau jihad bela agama ?
Jihad (sambil menyipitkan). Jadi orang indonesia yang punya rakyat 200 juta, punya 6 agama dan banyak suku kita harus punya kecerdasan publik yang rasional. Biar enggak gampang marah. Apalagi dijaman mediasosial begini.

-Rasional itu maksudnya gimana ?
Rasional itu mengambil cara yang enggak merugikan orang lain. Karena enggak ada orang loh yang berhak dibully karena dia beda sama kita. 

- Kamu pernah liat orang berantem dimedia sosial karena agama ?
Pernah. Banyak kasus sudah terjadi diawali provokasi di mediasosial. Pemuka agama seharusnya orang yang punya kecerdasan publik yang rasional. Tapi enggak jarang, justru orang-orang yang tau agama yang duluan mledug. 

-Jadi kongkritnya sikap rasional itu gimana ?
Bersabar, duduk bareng buat musyawarah dan mengedepankan toleransi. Karena indonesia enggak cuma punya si mayoritas...

MasyaAllah Naaak, jawaban-jawaban mu membuat mama merinding dan nangis. Dede bayi mama ini ternyata cerdas sekaliii. Kamu bilang, diam-diam ikut baca koran dan buku-buku yang mama baca. 

Mama yakin kamu sukses. Tinggal bagaimana keputusan dewan juri. Kalau dewan jurinya dari kalangan pemakai kaca mata kuda, yaaaa wasalam...

Semoga ada kabar baik untuk kita diakhir minggu ini ya sholeha mama yang beruntung :)

Bekasi 13 September 2016



0 Komentar