Belum Nganggur, tapi 10% Saldo BPJS Tenaga Kerja Bisa Diambil

Buat teman-teman yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun, BPJS ketenagakerjaan punya kebijakan yang tepat untuk pesertanya. yaitu dengan bisa diambilnya max 10 % mengajukan mlah saldo BPJS kita. lumayanlaaaaah :) 


saya membantu seorang teman mengajukan klaimnya hingga dia mendapatkan uangnya. proses itu diawali dengan mengirim sms ke 2757 untuk mengecek saldo bpjs ketenagakerjaan. DAFTARSALDO#NO_KTP#NAMA#TANGGALLAHIR(DD-MM-YYYY)#NOBPJS#EMAIL (BILAADA).  

Setelah mengetahui berapa jumlah saldonya, mulailah berhitung berapa 10 persennya yg bisa diambil, peruntukannya dan dipikirkan akan diurus melalui kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan cabang mana. selanjutnya, menyiapkan beberapa persyaratan untuk melakukan klaim 10 %  pada eklaim melalui website www.bpjsketenagakerjaan.go.id . Adapun persyaratan yang dimaksud adalah : KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), Kartu BPJS, Buku Tabungan dan surat keterangan dari HRD Perusahaan yang menyatakan masih aktif bekerja dan penggunaan suratnya untuk mengajukan klaim 10 % saldo BPJS Ketenagakerjaan. fotocopy dan scan semua syarat tsb.  Setelah menentukan akan mengurusnya di kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Bekasi Kota, mengisi form, mengupload data persyaratan yang tadi di scan melalui wesite www.bpjsketenagakerjaan.go.id.  kamu akan menerima email yang isinya menyatakan bahwa data kamu berhasil oleh sistem dan diharap menunggu email pemberitahuan berikutnya maksimum keesokan harinya jam 19.00. FAKTANYA, email yang ditunggu-tunggu baru muncul setelah 5x24 jam ! isinya menyatakan bahwa kamu dipersilahkan datang ke kantor cabang bpjs yang kamu tuju pada jam dan waktu yang telah ditentukan. Di hari dan tanggal yang tertera dalam email balasan kami mengambil cuti untuk mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Bekasi, tepat pukul 8 pagi. tapi kami ditolak. alasannya, antrian eklaim dibatasi maximum 80 perharinya. jadi kamu harus datang sebelum jam oprasional kantor BPJS Ketenagakerjaan dibuka. 

Keesokan harinya, Kami datang jam 5.00 pagi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Bekasi di daerah Alun-alun kota Bekasi yang tidak seberapa jauh dari stasiun Bekasi. pintu pagar belum dibuka dan matahari belum sepenuhnya bersinar. tapi orang-orang sudah banyak berkumpul. Tepat pukul 5.30 pintu gerbang dibuka. Awalnya kami mengikuti massa mengantri di tenda di depan mushala yang terletak dibelakang kantor BPJS Ketenagakerjaan. tapi kemudian satpam memerintahkan kami untuk pindah ke sayap kanan kantor dengan alasan dikhawatirkan hujan. Setelah menunjukan email eklaim yang kedua, Kami diberikanantrian nomor 6. Jika lewat dari 7x24 jam BPJS Ketenagakerjaan belum mengirimkan surat balasan yang kedua, maka kamu diperbolehkan mengurus eklaim hanya dengan menunjukan surat balasan BPJS yang pertama. Sambil menunggu kantor BPJS Ketenagakerjaan buka, kami memutuskan untuk kembali pulang kerumah. kalau rumahnya jauh, 2,5 jam bisa diisi dengan mencari sarapan di sekitaran RSUD Kota Bekasi/POLRES/ Stasiun Bekasi dan nongkrong-nongrong cantik di alun-alun / shalat dhuha di masjid agung Bekasi yang megah. Jam 8.15 kami kembali, nomor antrian di ruang tunggu sudah menunjukan angka 4. dua antrian berikutnya nomor kami dipanggil. semua data yang kami upload melalui eklaim di website diverifikasi. dokumen asli ditunjukan dan foto copy nya diberikan. Kami diberikan informasi bahwa pemotongan pajak dari sejumlah saldo yang kami ambil tetap ada dan akan diperhitungkan saat kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan berakhir (mengundurkan diri/PHK/Pensiun) . Pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan semuanya memakai sistem transfer. untuk rekening BNI membutuhkan waktu 1x24 jam sedangkan  untuk bank lain membutuhkan waktu maksimum 14 hari. rekening teman ku adalah BCA. Uang tiba direkeningnya setelah satu minggu. Kuncinya, dalam mengurus BPJS ini adalah SABAR. Ikuti aja ketentuannya. negara berusaha melayani rakyatnya sebaik mungkin. walaupun masih belum sesuai standar. Kabar baiknya, BPJS KetenagaKerjaan sedang menggodok kebijakan tentang pengambilan saldo BPJS tenaga kerja max 30 % untuk DP Rumah. 

Semoga bisa segera terealisasi... Semoga artikel ini bermanfaat :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kursus Matematika Kumon