Membaca Quran dengan Hak Asasi Manusia

Membaca Al-Qur’an (Tilawah) merupakan salah satu amaliyah Ramadhan dimana Ayat Al-Qur’an diturunkan pertamakali dibulan suci penuh rahmat ini. Maka tak heran jika Rasulullah SAW sering dan lebih banyak membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan dibandingkan di bulan-bulan lain. Imam Az-Zuhri berkata, “Apabila datang Ramadhan, maka kegiatan utama kita selain berpuasa adalah membaca Al-Qur’an.” Bacalah dengan tajwid yang baik dan tadabburi, pahami, dan amalkan isinya. Insya Allah, kita akan menjadi insan yang berkah.


Buatlah target untuk diri anda sendiri. Jika di bulan-bulan lain kita khatam membaca Al-Qur’an dalam sebulan, maka misalnya di bulan Ramadhan kita bisa memasang target dua kali khatam. Lebih baik lagi jika ditambah dengan menghafal satu juz atau surat tertentu. Hal ini bisa juga dijadikan program unggulan bersama keluarga.
Namun, Upaya mendekatkan diri kepada Allah harus diimbangi juga dengan hubungan yang baik antar sesama manusia. Hubungan dengan manusia sangat ditekankan dalam agama bila mengerti dan faham. Karena manusia dicipta Allah sebagai makhluk sosial, artinya makhluk yang saling berhubungan, saling butuh membutuhkan, tidak akan dapat hidup normal tanpa bergaul dengan sesama. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang orang yang sombong dan membangga-banggakan diri Q.S. An Nisaa’ 36 
Oleh karena itu jangan merasa bangga dan puas dengan ibadah yang telah dilakukan, masih ada tugas lagi yang harus dilaksanakan, yakni bergaul dengan sesama insan secara ihsan (baik ). Manusia jangan disepelehkan, ia adalah mahluk ciptaan Tuhan, hargai dan pergaulilah dengan sopan, jangan disepelehkan walau mungkin belum beriman, karena memang demikian agama mengajarkan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kursus Matematika Kumon