Premarital Chek up dan Imunisasi dalam list penting persiapan pernikahan

Premarital check up itu penting. Check up yang biasanya dilakukan tiga bulan sebelum pernikahan
ini meliputi tes TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, Herpes Simplex), Cek HIV, Cek HBsAg/ HCV,  Analisa Sperma, Thalasemia,  USG Kandungan, golongan darah rhesus,  VDRL (Venereal Disease Research Laboratory),  Glukosa darah puasa, Urine Lengkap, sebagai antisipasi dini agar kelak ketika datang masa kehamilan, ancaman dari penyakit-penyakit tersebut dapat diatasi. Kalaupun bahaya itu datang dari rhesus golongan darah mempelai yang berlainan, tidak lantas mencegah keduanya untuk menikah. Dengan terapi, ancaman terhadap janin seperti bayi lahir cacat fisik atau mental dapat diatasi sedini mungkin.
Dengan premarital check up, penyakit menurun seperti diabetes atau menular seperti Hepatitis B, HIV/AIDS, juga dapat diketahui sejak awal. Lingkungan yang semakin tercemar, makanan dan pola hidup yang tidak sehat menjadi penyebab semakin banyak bermunculan penyakit, hal ini tentu harus diwaspadai dengan premarital check up.

Dan yang tak kalah pentinya adalah Imunisasi yang wajib dilakukan sebelum pernikahan yaitu Vaksin MMR (Measles, Mumps and Rubela), Vaksin Anti Tetanus dan Vaksin Anti Cacar Air (Jika belum pernah mengalami cacar air)






0 Komentar