Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2017

Dikerok, Dikerik...Bolehkah ?

Gambar
The Power of KEROKKAN


Meski ada pengobatan modern, hingga kini orang Indonesia, terutama di Jawa, tetap akrab dengan kerokan saat merasa tidak enak badan.
Seorang Guru Besar dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Prof. Dr. Didik Gunawan Tamtomo meneliti manfaat kerokan. 
Penelitian itu dilakukan tahun 2003-2005.”Kerokan adalah kearifan lokal. Pasien saya menyatakan, kalau belum kerokan, belum puas,” kata Didik di Solo.
Pada tahap awal, Didik melakukan survei kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya, dari 390 responden berusia 40 tahun ke atas yang mengembalikan kuesioner, hampir 90 persen mengaku kerokan saat ”masuk angin”.
Responden Didik adalah para pasien, tetangga, dan pedagang di pasar. Para responden meyakini manfaat kerokan untuk menyembuhkan ”masuk angin”.
Istilah ”masuk angin” sebenarnya tidak dikenal dalam dunia kedokteran. Masuk angin merujuk pada keadaan perut kembung, kepala pusing, demam ringan, dan otot nyeri.
Kerokan di Indonesia biasanya menggunakan uang l…

JANGAN BIARKAN ANAK DI BAWAH UMUR MENGENDARAI MOTOR!

Gambar
Malam tadi, kedatangan pasien anak 13 tahun, jatuh dari motor. Si anak gaduh gelisah, kesadarannya menurun. Ada luka robek di kepalanya. Karena lukanya besar dan kesadaran turun dilakukan ct scan plus 3D.

Mengenal LVAD itu pompa jantung buatan manusia yang bisa bekerja menggantikan fungsi jantung

Gambar
Pak Jantung bapak rusak sudah terlalu parah. Sudah harus diganti, atau pasang LVAD.


Diganti gimana dok? Transplantasi maksudnya?
Iya pak, transplant.
Dimana dok kalau mau transplant?
Ngga di Indonesia pak pastinya. Kita belum punya program donor organ.
Kalau LVAD itu apa dok?
LVAD itu pompa jantung buatan manusia yang bisa bekerja menggantikan fungsi jantung sebagai pompa ketika fungsinya terganggu.
Kalau pasang LVAD gimana?
Oh itu tinggal mampir saja kesebelah pak. Ke Malaysia. Disana sudah rutin mengerjakan.
Berapa biayanya dok?
Siapkan saja 1,5 M pak.

Cara Mengurangi Resiko Gagal Ginjal

Gambar
Usianya masih muda, 40 tahunan, perokok dan sudah diketahui punya tekanan darah tinggi setidaknya 4 tahunan. Tapi beliau tidak mau berobat rutin, tidak ada keluhan katanya. Sampai akhirnya pasien mengeluh mudah lelah, lemas, dan akhinya mengeluh nyeri dada dan akhirnya sesak. Setelah berobat ke RS, ternyata pasien mengalami serangan jantung dan gagal ginjal. Melihat hasil pemeriksaan, tampaknya gagal ginjal dulu baru serangan jantung.

Cara Cek HOAX Medis

Gambar
CARA CEK HOAX MEDIS
Di era informasi ini, internet bagai pisau bermata dua. Kalau salah cari, bisa ketemu hoax. Kalau bener carinya, bisa ketemu kebenaran.
BAGAIMANA LEVEL KEBENARAN DI DUNIA MEDIS?

Apa itu SPF ?

Gambar
SPF adalah singkatan dari Sun Protektif Factor, yg merupakan suatu zat yang terkandung dalam produk perawatan kulit dan juga sun block, yang ditujukan untuk memproteksi kulit dari sengatan sinar matahari.

Berhenti

Saya banyak melakukan hal-hal bodoh dan sia-sia dimasa lalu, menurut orang lain. Tapi saya menikmati itu. Joget sampe pagi di diskotek (tanpa rokok, obat dan alkohol), main biliard, Menghabiskan uang jajan saya demi berburu buku bekas di kwitang daripada beli baju atau makeup, menabung berbulan-bulan demi bisa jalan-jalan (sendirian kaya anak ilang kemana aja pas liburan. Dan enggak pernah bilang. Bilangnya pake kertas yang ditinggalin dikamar yang mama baca pas saya udah pergi) atau cari pacar yang bisa bayarin saya nonton dan perbaikan gizi. Jelek gak apa-asal cerdas dan pekerja keras. Kedua kakak perempuan saya bilang, selera cowok saya buruk. Karena pacar-pacar saya selalu buruk rupa.

Bau dan Rasa Membawa Ku "Pulang"

1. Bau Asap Kayu yang di Bakar. Mengingatkan ku pada sebuah Rumah tempat ku tumbuh, yang penuh kehangatan di pinggir sawah di Gabus Wetan. Dimana Almh Emak menghabiskan hampir sepanjang hidupnya untuk memasak di pawon menggunakan tungku. Pawon dengan peralatan sederhana itu menghasilkan makanan lezat nan bergizi untuk suami, anak dan cucu-cucunya.

Sama Suami Orang

Tulisan ini adalah pengalaman saya sebagai janda. Janda adalah seorang perempuan yang cerai mati atau memutuskan berpisah dari suaminya. Predikat janda dalam budaya timur masih dipandang buruk. Berdoa aja ya, SEMOGA anak, kakak, adik atau orang-orang yang kami sayangi jangan sampe jadi janda. Karena janda bisa terjadi pada siapa aja. Enggak adil menghakimi seseorang karena keputusan yang diambilnya karena kita enggak pernah tau apa yang sebenarnya terjadi.

Manfaat Lari

Gambar

Merokoklah Agar Terlihat lebih Tua Diusia Anda

Gambar

Rokok Perusak Sperma Nomer 1

Gambar
PERUSAK SPERMA No 1 Di INDONESIA
Apakah perokok spermanya pasti mandul? Tidak.

Contoh lebih baik daripada kata

"Keluarga ku dirumah tidak ada yang merokok. Tapi dihadapaku Aku dan adik-adik, Mama pernah membedah rokok menjadi bagian-bagian kecil dan bercerita panjang lebar tentang bahaya rokok, perokok aktif, perokok pasif dan Vaping secara berulang kali. Yang baru ku pahami maksudnya saat seminar ini" kata Kk dalam tes kejujuran pada seminar rokok disekolahnya setelah UTS lalu

Simple explanation of Osteoporosis 😄

Gambar

Tips Memilih Obat Tradisional

Gambar

SEKILAS TENTANG JURUSAN PENDIDIKAN DOKTER]

Gambar
Menjadi seorang dokter merupakan impian banyak orang, hal ini bisa jadi karena iming-iming gaji yang bisa dibilang tinggi. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pendidikan dokter menjadi salah satu jurusan di perguruan tinggidengan peminat terbanyak di Indonesia .

Dok, Bolehkah Saya Mutihin Kulit dengan Suntik Vitamin C ?

Gambar
"Dok apa boleh saya disuntik Vit C?" tanya seorang pasien perempuan. Usianya masih sekitar 40 tahunan.
"Untuk apa bu?"
"Biar kulit menjadi semakin cerah dan putih dok." Jawabnya
"Ngga usah disuntik Vit C segala bu. Ibu kulit udah putih gitu. Kalau mau lebih putih tinggal tambah bedak aja bu."
"Apa bahaya dok? Soalnya teman-teman saya sudah coba katanya bagus buat kulit."
"Segala sesuatu yang berlebihan itu ngga bagus bu. Vitamin C memang antioksidan yang baik dan katanya bagus buat kulit, tapi akan pada akhirnya akan diolah dan dibuang ginjal sebagai kalsium oksalat. Kalau jumlahnya banyak, kalsium oksalat bisa mengendap jadi batu dan merusak ginjal. Sudah pernah ada kasusnya bu, pasien gagal ginjal dan meninggal. Saran saya kalau mau kulitnya lebih cerah, olah raga yang rajin dan teratur saja bu."
... (terdiam)
"Serius dok ada yang meninggal gara-gara suntik Vit C?"
"Ya serius lah, masa saya bohong."
---


Kasusnya p…

Suplemen Zinc, Sebagai Terapi Diare Akut Pada Anak

Gambar
Di negara berkembang termasuk Indonesia, penyakit Diare masih merupakan masalah kesehatan karena angka kesakitan (Morbiditas) dan angka kematian (Mortalitas) nya masih cukup tinggi, sehingga perlu penanganan yg baik.

Pengalaman Menghapus Pajak progresif

Gambar
Pajak progresif adalah tarif pemungutan pajak dengan persentase yang naik dengan semakin besarnya jumlah yang digunakan sebagai dasar pengenaan pajak, dan kenaikan persentase untuk setiap jumlah tertentu setiap kali naik.

Sewaktu STNK NMAX ABS Abu selesai, Saya harus membayar biaya BBN sebesar 250 ribu dan Progresif ke 3 Sebesar 250 ribu. Jadi total biaya yang saya harus bayar sebesar 500 ribu. Wow! Saya teringat 2 motor yang saya miliki sebelumnya yang telah saya jual dua minggu sebelum motor NMAX tiba dirumah.

Penatalaksaan Varises Tungkai

Gambar
Penatalaksaan Varises Tungkai